Inacraft Award 2019, Ajang Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Perajin Lokal

Sabtu, 27 April 2019 - 04:38 WIB
Inacraft Award 2019, Ajang Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Perajin Lokal
Inacraft Award 2019, Ajang Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Perajin Lokal
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus mendukung perajin lokal untuk mampu bersaing dalam kompetisi, melalui penghargaan Jakarta International Handicraft Trade Fair atau Inacraft Award 2019.

Melalui penghargaan ini, diharapkan meningkatkan iklim kompetisi, sehingga semakin mengembangkan kreativitas, inovasi, desain dalam industri kerajinan di Indonesia. Yang akhirnya dapat menciptakan produk-produk berdaya saing global.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih, mengatakan Inacraft Award 2019 menjadi bentuk penghargaan terhadap karya perajin Indonesia, sekaligus meningkatkan pemahaman perajin dalam menciptakan produk kerajinan khas Indonesia yang berkualitas sehingga dapat diterima pasar global.

"Saya mengapresiasi penyelenggaraan Inacraft Award 2019 ini, agar mendorong munculnya produk-produk kerajinan unggulan, baik dari segi desain, inovasi, berciri khas, memiliki kearifan lokal Indonesia, serta berorientasi pasar," ujar Gati di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Gati menerangkan, kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia sangat beraneka ragam, memiliki sejarah serta merupakan warisan nilai luhur nenek moyang bangsa Indonesia. Ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi para perajin di tanah air untuk menciptakan produk kerajinan yang bernilai seni tinggi.

"Di tengah-tengah kecenderungan gaya hidup modern yang kembali melirik kreasi seni tradisional, kerajinan bercirikan etnik dengan budaya lokal sangat diminati. Hal ini menunjukkan peluang pemasaran hasil kerajinan kita terbuka lebar. Selain itu, industri kerajinan memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja," ungkapnya.

Kemenperin mencatat, saat ini jumlah IKM kerajinan mencapai 700 ribu unit usaha dan menyerap sekitar 1,3 juta tenaga kerja. Kinerja ekspor industri kerajinan Indonesia juga mengalami kenaikan. Ekspor kerajinan Indonesia pada 2018 mencatatkan nilai USD870 juta, atau senilai Rp12,2 triliun, naik 0,2% dari nilai ekspor tahun sebelumnya sebesar USD868 juta. Adapun negara-negara tujuan ekspor produk kerajinan terbesar bagi Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Belanda, dan Inggris.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6769 seconds (0.1#10.140)