Genjot Bisnis, Blibli.com Luncurkan Layanan Terintegrasi

Kamis, 02 Mei 2019 - 21:01 WIB
Genjot Bisnis, Blibli.com Luncurkan Layanan Terintegrasi
Genjot Bisnis, Blibli.com Luncurkan Layanan Terintegrasi
A A A
JAKARTA - Blibli.com meluncurkan layanan terintegrasi Customer Satisfication First sebagai strategi peningkatan kinerja bisnis tahun ini. Hal itu sebagai langkah perusahaan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan di tengah pesatnya pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia.

"Selama hampir delapan tahun beroperasi Blibli.com terus memperluas manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan. Melihat arah perkembangan bisnis dan industri e-commerce Indonesia Blibli.com memutuskan untuk menyinergikan manfaat-manfaat yang dulu berdiri terpisah ke dalam satu strategi komprehensif yakni Customer Satisfaction First," ujar Chief Executif Officer Blibli.com Kusumo Martanto saat konferensi pers di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Menurut dia Customer Satisfication First merupakan integrasi dari enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan kepada pelanggan ke dalam satu strategi menyeluruh. Adapun keenam manfaat tersebut adalah biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, 100% barang orisinal, layanan konsumen 24 jam selama 7 hari, pembayaran yang aman dan jaminan 15 hari pengembalian barang.

"Diharapkan dengan layanan tersebut kinerja Blibli.com semakin meningkat di tengah persaingan yang semakin ketat," tandas dia.

Terkait kinerja, imbuhnya, Blibli.com terus tumbuh secara signifikan. Pada kuartal I/2019 Blibli.com mengalami peningkatkan pemesanan produk sebanyak 2,5 kali lipat jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

"Kenaikan tersebut tidak terlepas dari perluasan junlah produk sebanyak 3 kali serta penambahan merchant atau penjual hingga 2 kali di periode tersebut," kata dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengkurasi produk-produk UMKM di yang berada di bawah kategori Galeri Indonesia. Hal itu sebagai komitmen perusahaan dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

"Itu dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah produk UMKM sebanyak 6 kali dari jumlah merchant UMKM sebanyak 2 kali selama kuartal I/2019 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," katanya.

Selain itu, Blibli.com juga telah menjalin berbagai kemitraan strategis tahun ini. Pada April lalu, Blibli telah bermitra dengan GO-PAY untuk memungkinan pelanggan membayar menggunakan layanan elektronik tersebut.

"Blibli.com juga memperluas kemitraan online to offline (O2O) sebagai pendekatan berbaur dengan saluran online dan toko fisik melalui program Blibli InStore dan Click&Collect. Kemitraan itu bertujuan untuk menghadirkan kemitraan O2O melalui kedua program tersebut lebih sari 200.000 lokasi toko ritel," jelasnya.

Dia menjelaskan, Blibli InStore adalah program di mana pelanggan dapat berbelanja melalui fasilitas point and sales milik Blibli.com yang tersedia di toko-toko fisik. Sedangkan untuk Click&Collect pelanggan bisa melakukan transaksi melalui situs Blibli.com lalu mengambil barang pembelian langsung dari toko merchant yang terdaftar.

"Dari segi keamanan transaski Blibli.com telah mendapatkan pengakuan di mana Blibli.com mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara," tuturnya.

Pihaknya optimistis, dengan berbagai layanan dan keamanan performa Blibli.com mampu mempertahankan kinerja tahun ini. Tahun ini pihaknya mempunyai tiga fokus utama untuk meningkatkan kinerja di antaranya menyeleksi produk-produk dengan lebih cermat agar bisa semakin memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Selain itu kami akan terus meningkatkan pendekatan O2O bagi kenyamanan berbelanja pelanggan. Selanjutnya teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang berkesan," ucapnya.

Tak berhenti di situ, untuk meningkatkan kinerja, Blibli.com berencana menambah 32 gudang di akhir tahun ini. Adapun jumlah tersebut ditargetkan meningkat dari tahun lalu sebanyak 18 gudang.

"Blibli.com juga akan mengembangkan fitur-fitur menggunakan Artficial Intelligence (AI) dan Augment Reality (AR). Pengembangan fitur teknologi ini akan semakin meningkatkan pengalaman berbelanja sejalan dengan komitmen terhadap kepuasan pelanggan," kata dia.

Sementara itu, Public Relations Manager Blibli.com Mariel Gazella menambahkan, Blibli.com telah menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas. Blibli.com menyediakan 75.000 mitra usaha mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik dan gadget, kebutuhan sehari-hari hingga keperluan gaya hidup.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4787 seconds (0.1#10.140)