Sri Mulyani Waspadai Kelanjutan Konflik Dagang AS-China

Kamis, 09 Mei 2019 - 06:01 WIB
Sri Mulyani Waspadai Kelanjutan Konflik Dagang AS-China
Sri Mulyani Waspadai Kelanjutan Konflik Dagang AS-China
A A A
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali melemparkan ancaman tarif terhadap barang-barang China. Trump berencana menaikkan tarif barang-barang China senilai USD200 miliar, dari saat ini 10% menjadi 25% pada Jumat pekan ini. Juga retribusi tambahan 25% untuk barang-barang China senilai USD325 miliar lainnya.

Menanggapi masalah ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia selalu mewaspadai perkembangan ekonomi global imbas kelanjutan konflik dagang AS dengan China, yang bisa mempengaruhi ekonomi dalam negeri.

Apalagi, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang positif dan tenaga kerja yang solid, semakin menekan ekonomi negara berkembang.

"Kita melihat perekonomian Amerika Serikat positif dan disisi lain terjadi pelemahan di negara-negara lain (emerging markets) semakin terlihat, kita harus semakin waspada," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Sri Mulyani menambahkan, rencana kenaikan tarif impor barang-barang China oleh AS akan menekan ekspor Indonesia. Dan tentunya mempengaruhi ekonomi China dan ekonomi global, yang akan berpengaruh kepada ekonomi Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5409 seconds (0.1#10.140)