Program Mudik Bareng BUMN, PLN Berangkatkan 7.000 Pemudik Gratis

Rabu, 29 Mei 2019 - 18:01 WIB
Program Mudik Bareng BUMN, PLN Berangkatkan 7.000 Pemudik Gratis
Program Mudik Bareng BUMN, PLN Berangkatkan 7.000 Pemudik Gratis
A A A
JAKARTA - Tahun ini PLN memberangkatkan sebanyak 7.000 pemudik menggunakan moda transportasi bus dan kapal Pelni melalui kegiatan bertajuk "Mudik Bareng Guyub Rukun" yang merupakan bagian dari program BUMN hadir untuk Negeri. Acara pelepasan pemudik dilakukan di PLN kantor pusat, Jakarta hari ini.

Melalui moda transportasi bus diberangkatkan sebanyak 100 bus untuk 5.000 pemudik dengan tujuan beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara untuk moda transportasi kapal sebanyak 2.000 pemudik ikut serta. PLN bekerja sama dengan Pelni memberikan alternatif rute yakni Jakarta-Surabaya; Pontianak-Surabaya; Makassar-Maumere; Makasar-Bau-Bau

Program mudik gratis yang diperuntukkan bagi pegawai, mitra kerja, tenaga outsource, masyarakat sekitar dan keluarga para pedagang kaki lima yang berada di lingkungan kantor PLN se-Jabodetabek ini juga memberangkatkan pemudik yang berasal dari Program Kementerian ESDM dan Polda Metro Jaya.

Acara pelepasan rombongan bus dan peserta mudik bareng dilakukan oleh VP Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah di Kantor Pusat, Rabu (29/5/2019). Dalam kesempatan itu Dwi mengatakan bahwa kegiatan mudik bersama ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan mudik dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Program ini, imbuh dia, juga sebagai wujud kepedulian BUMN kepada masyarakat sekitar.

"Kegiatan mudik gratis dari PLN ini sudah berjalan sejak 2007 dan menjadi program tahunan perusahaan. Program ini juga menjadi salah satu bentuk kepedulian perusahaan (corporate social responsibility/CSR) kepada masyarakat sekitar PLN," tuturnya.

Tujuan program ini, kata dia, agar para pemudik dapat bersama-sama pulang ke daerah masing-masing sambil mempererat rasa persaudaraan sesama pemudik sehingga menciptakan Mudik Bareng Guyub Rukun sesuai tema kegiatan dari Kementerian BUMN.

Kegembiraan juga diungkapkan warga yang mengikuti mudik gratis. Anton Warga Wonosari Gunung Kidul terlihat sumringah saat hadir pada acara pelepasan para peserta Mudik Bareng.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas bantuan mudik gratis sehingga dapat berkumpul dengan keluarga sekaligus merayakan Lebaran di kampung halaman," ungkapnya.

Sebelumnya, sebagai upaya menjaga keselamatan perjalanan selama mudik, dihari yang sama juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi seluruh awak bus serta pengecekan kendaraan. Memastikan stamina dan fisik yang prima para awak bus merupakan upaya mengutamakan keselamatan penumpang selama perjalanan mudik ini. Selain itu, seluruh peserta dan awak bus juga diasuransikan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5262 seconds (0.1#10.140)