Cek Keaslian Rupiah dengan Dibakar? Ini Kata BI

Selasa, 04 Juni 2019 - 06:01 WIB
Cek Keaslian Rupiah dengan Dibakar? Ini Kata BI
Cek Keaslian Rupiah dengan Dibakar? Ini Kata BI
A A A
JAKARTA - Penyebaran uang palsu masih saja dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlebih menjelang Lebaran, peredaran uang palsu cenderung meningkat dan berpotensi merugikan masyarakat.

Karena itu, Bank Indonesia (BI) pun meminta masyarakat lebih teliti dalam mengecek keaslian uang rupiah. Salah satunya dengan menggunakan teknik 3D yakni dilihat, diraba dan diterawang.

Namun, di masyarakat beredar pula berbagai kiat untuk mengenali uang palsu. Bahkan, ada yang menyebut untuk mengetahui keaslian uang bisa dilakukan dengan cara membakar uang dengan bensin.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadime mengatakan tidak ada kajian yang membenarkan mengenai metode membakar uang dengan bensin untuk mengetahui keaslian mata uang. "Jadi itu tidak benar menurut kajian kita, baiknya mengecek uang palsu hanya dengan cara 3D," ujar Rosmaya beberapa waktu lalu.

Terlepas dari itu, dia mengklaim peredaran uang palsu saat ini terus berkurang. Sebab BI terus mengedukasi masyarakat untuk bisa mengenali keaslian rupiah. "Jadi kini masyarakat sudah lebih cerdas, bisa mengetahui mana uang palsu dan bukan dengan cara yang kita terapkan," jelasnya.

Sebagai informasi, jumlah temuan uang rupiah palsu (per 1 juta uang yang beredar (UYD)>1.000) secara nasional sepanjang 2017 adalah 164.903 lembar. Jika melihat rinciannya per bulan, data per November 2017 berjumlah 17.411 lembar, sedangkan pada Desember 2017 jumlahnya 12.800 lembar. Sementara pada Januari 2018 jumlahnya mencapai 27.542 lembar.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5837 seconds (0.1#10.140)