Risiko Perang Dagang Akan Paksa Fed Pangkas Suku Bunga Tahun Ini

Kamis, 13 Juni 2019 - 10:00 WIB
Risiko Perang Dagang Akan Paksa Fed Pangkas Suku Bunga Tahun Ini
Risiko Perang Dagang Akan Paksa Fed Pangkas Suku Bunga Tahun Ini
A A A
BENGALURU - Kemungkinan bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) memangkas Suku bunganya tahun ini dinilai telah meningkat secara dramatis dalam sebulan belakangan ini.

Hal itu terungkap dari poll yang digelar Reuters, di mana para ekonom memperingatkan bahwa meningkatnya ketegangan perdagangan antara AS dan China telah memperkuat risiko terjadinya resesi.

Pimpinan Fed Jerome Powell pekan lalu mengatakan, pihaknya akan bertindak sepantasnya untuk menghadapi risiko dari perang dagang AS-China. Hal itu dimaknai pasar bahwa peluang dipangkasnya suku bunga terbuka lebar.

Hal itu menjadi pergeseran tiba-tiba kedua dari sikap The Fed setelah sebelumnya mengubah kebijakannya menjadi bias dari kebijakan ketat pada Januari lalu.

Konsensus dalam poll yang digelar 7-12 Juni menunjukkan lebih 100 ekonom menilai Fed akan mempertahankan bunga acuan 2,25-2,50% tahun ini dan tidak akan memangkas suku bunga hingga kuartal III tahun depan menjadi 2,00-2,25%.

Kendati konsensus terbaru menunjukkan tingkat suku bunga tetap dipertahankan tahun ini, 40 dari 100 kontributor umum dari bulan lalu memperkirakan setidaknya akan ada sekali pemangkasan suku bunga di suatu waktu pada tahun ini, dibandingkan dengan hanya delapan responden dalam jajak pendapat sebelumnya.

Ketika ditanya tentang kemungkinan terjadinya satu kali pemotongan suku bunga Fed tahun ini, median dari sampel yang lebih kecil dari para ekonom menunjukkan peluang 55%, dengan yang tertinggi pada 100%. Probabilitasnya adalah masih tinggi 40% untuk dua kali pemangkasan suku bunga tahun ini.

"Saat ini perang dagang telah berlangsung secara penuh. Putaran final tarif terhadap China ini adalah masalah yang sangat besar," kata Scott Brown, kepala ekonom di Raymond James seperti dikutip Reuters, Kamis (13/6/2019).

James yakin ada peluang The Fed akan memangkas suku bunganya tahun ini. "Jika bukan Juni ini, kemungkinan besar Juli. Tapi tentunya itu akan tergantung dari data ekonomi yang ada. Jika kita mulai melihat angka-angka yang kuat, itu akan mendorong hal itu," tandasnya.

Sementara itu, pasar suku bunga berjangka sudah memperkirakan peluang 80% dari penurunan suku bunga pada bulan Juli. Dolar diperkirakan bakal mempertahankan kekuatannya untuk sisa tahun ini, tetapi akan berada di bawah tekanan dari perang dagang dan akhirnya penurunan suku bunga Fed.

Sebagian ekonom masih menganggap bahwa hal ini hanyalah badai yang berlalu, dan The Fed akan kembali melanjutkan kenaikan suku bunganya tahun depan.
Prospek pertumbuhan sebagian besar juga tetap tidak berubah dari jajak pendapat bulan lalu. Ukuran inflasi The Fed, yang tetap di bawah target bank sentral tahun ini, tidak diharapkan untuk menunjukkan kenaikan signifikan dalam waktu dekat, baik.

"Tapi apa yang kami khawatirkan bukan selalu merupakan prospek pertumbuhan, tapi risiko penurunan pertumbuhan dan ketidakpastian - itu bisa menjadi jauh lebih lemah," kata Raymond James Brown.

Dengan ketegangan perdagangan yang diperkirakan meningkat tahun ini, para ekonom menilai peluang resesi dalam 12 bulan mendatang telah meningkat menjadi 30% dari 25% bulan sebelumnya. Sementara peluang kemerosotan dalam dua tahun ke depan bertahan di 40%.

Lebih dari tiga perempat ekonom memberikan kemungkinan resesi yang lebih tinggi atau paling tidak mempertahankan pandangan mereka dari bulan lalu.

"Kemungkinan resesi telah meningkat. Pemotongan asuransi pada 2019 oleh The Fed tidak akan cukup. Kami memperkirakan ekonomi AS akan jatuh ke dalam resesi di paruh kedua tahun 2020. Ini akan memaksa Fed untuk memulai siklus pemotongan penuh pada tahun 2020," tutur Philip Marey, ahli strategi senior AS di Rabobank.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7662 seconds (0.1#10.140)