Kemenko Perekonomian Bakal Panggil Rini dan Budi Bahas Maskapai Asing

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:34 WIB
Kemenko Perekonomian Bakal Panggil Rini dan Budi Bahas Maskapai Asing
Kemenko Perekonomian Bakal Panggil Rini dan Budi Bahas Maskapai Asing
A A A
JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian akan memanggi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membahas maskapai asing. Hal ini untuk mempertimbangkan rencana mengizinkan maskapai asing membuka penerbangan domestik.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, menyatakan bahwa mendatangkan maskapai asing hanya salah satu opsi untuk menurunkan tarif tiket pesawat. Tetapi mana masih banyak opsi lain yang bisa dilakukan pemerintah agar tercipta iklim persaingan maskapai yang sehat.

"Jadi, kita harus review atau evaluasi. Jangan salah lho, itu bukan salah satu opsi. Namun efisiensi harga avtur, leasing, masalah-masalah biaya itu akan kita bicarakan. Itu kalau bisa kasih insentif fiskal, nanti kita panggil Menteri Rini dan Menteri Budi untuk membahas bersama-sama maskapai asing," ujar Susiwijono di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Dia menjelaskan, pemerintah juga akan mempertimbangkan pasar dari maskapai itu sendiri. Namun, dirinya melihat jika adanya maskapai asing akan tercipta persaingan sehat.

"Kalau dari struktur pasar akan lebih bagus, kompetisi lebih sehat karena kan bukan struktur pasar saja, ada hal-hal lain. Kita pertimbangkan banyak maskapai operasi asing," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7244 seconds (0.1#10.140)