Dukung Pengelolaan UKM, Sampoerna Luncurkan Aplikasi ‘AYO SRC’ di Lombok

Kamis, 04 Juli 2019 - 17:07 WIB
Dukung Pengelolaan UKM, Sampoerna Luncurkan Aplikasi ‘AYO SRC’ di Lombok
Dukung Pengelolaan UKM, Sampoerna Luncurkan Aplikasi ‘AYO SRC’ di Lombok
A A A
LOMBOK - Untuk memudahkan transaksi bisnis bagi toko kelontong di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat diperkenalkan aplikasi ponsel “AYO SRC” Aplikasi “AYO SRC" ini diperkenalkan bagi mereka yang tergabung dalam komunitas retail binaan Sampoerna Retail Community (SRC).

Sejak PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) mengumumkan peluncuran “AYO SRC” di tingkat nasional pada awal Mei lalu hingga kini 1.500 toko kelontong di Lombok memiliki akses terhadap aplikasi tersebut.

Manager Area Retail Engagement Mataram Sampoerna, Steven Alfried mengatakan bahwa aplikasi ini merupakan jembatan bagi toko kelontong dengan pemasok dan konsumennya. “Aplikasi ini adalah terobosan inovatif untuk memudahkan akses para pelaku UKM yang tergabung di SRC untuk saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko,” tambahnya.

Peluncuran aplikasi “AYO SRC” turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang. Hal ini dilaksanakan demi merealisasikan pencapaian Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di tahun 2020.

Aplikasi yang dapat diunduh gratis di PlayStore ini memudahkan toko kelontong untuk melakukan kegiatan belanja pasokan secara daring. Dari sisi pelanggan setia SRC, “AYO SRC” akan mempermudah konsumen dalam berbelanja dan mencari SRC terdekat di sekitarnya.

Selain itu, Paguyuban SRC Lombok telah menjalankan program pengurangan plastik sekali pakai sebagai bentuk tanggung jawab sosial sejak 2018. Untuk membangkitkan semangat menjaga lingkungan, Paguyuban SRC Lombok membagikan tas kain secara gratis.

Pemilik toko kelontong di Lombok Timur yang merupakan bagian dari SRC, Saleh Taswin, mengatakan bahwa acara ini sejalan dengan dukungan Sampoerna terhadap kemajuan UKM.

“Dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, kami ingin mempromosikan UKM yang tergabung dalam jaringan SRC. Harapannya kesadaran masyarakat memilih berbelanja di SRC yang tersebar di wilayah Lombok meningkat dan bermanfaat bagi pergerakan ekonomi daerah,” ujar Saleh.

Kini di seluruh Indonesia terdapat 110.000 toko kelontong yang sudah menjadi bagian dari jaringan SRC. “SRC mengajak masyarakat sekitar untuk berbelanja di toko kelontong yang lebih dekat dari rumah mereka sebagai salah satu upaya mendorong ekonomi kerakyatan di daerah. Hal ini kami sosialisasikan melalui slogan Berbelanja Dekat Rumah,” tutup Steven.
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7609 seconds (0.1#10.140)