Maksimalkan Produk Setengah Jadi dari Smelter Butuh Peran Kemenperin

Selasa, 09 Juli 2019 - 02:14 WIB
Maksimalkan Produk Setengah Jadi dari Smelter Butuh Peran Kemenperin
Maksimalkan Produk Setengah Jadi dari Smelter Butuh Peran Kemenperin
A A A
JAKARTA - A‎sosiasi Pertambangan Indonesia (Indonesian Mining Association/IMA) menerangkan bahwa hilirisasi minerba sudah berjalan dengan telah dibangunnya sejumlah fasilitas dan pemurnian (smelter). Namun ada beberapa catatan yang diberikan IMA yakni masih perlunya dorongan agar produk dari hilirisasi minerba bisa maksimal.

“Kami dari IMA melihat, sesuai amanat UU Minerba sudah dijalankan. Perlu peran dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memaksimalkan produk setengah jadi yang diolah dari smelter,” kata Pelaksana tugas harian IMA Djoko Widajatno di Gedung DPR, Jakarta, Senin (8/7).

Dia menambahkan bahwa produk yang dihasilkan dari hilirisasi sektor minerba baru sebatas produksi logam, tapi belum menghasilkan produk jadi ‎yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan industri. Bahkan memproduksi jarum suntik saja belum mampu menurutnya, sehingga masih mengandalkan impor.

“Kami sudah berusaha menyediakan bahan baku yang disediakan. Kita bisa buat feronikel, tapi untuk buat jarum suntik saja belum mampu,” tandas dia.

Untuk itu lanjutnya terang Djoko, Kementerian Perindustrian perlu menggenjot pembangunan industri berbasis logam sehingga hilirisasi produk jadi berjalan secara optimal guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan negara. “Sampai hari ini baru produk setengah jadi, tapi kita impikan produk jadi seperti mobil, handphone dibuat di dalam negeri,” kata dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6900 seconds (0.1#10.140)