LRT Sumsel Tembus 2 Juta Penumpang dalam Setahun

Rabu, 10 Juli 2019 - 03:30 WIB
LRT Sumsel Tembus 2 Juta Penumpang dalam Setahun
LRT Sumsel Tembus 2 Juta Penumpang dalam Setahun
A A A
JAKARTA - Keberadaan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) telah menjadi alternatif transportasi bagi masyarakat untuk beraktivitas.

Menjelang setahun keberadaan LRT pertama di Indonesia ini, hingga Selasa (9/7/2019) tercatat total 2.096.556 penumpang yang telah bepergian menggunakan LRT Sumsel, dengan jumlah penumpang tertinggi pada 8 Juni 2019 sebanyak 24.622 penumpang.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti menjelaskan, LRT Sumsel merupakan infrastruktur transportasi jangka panjang di wilayah Sumsel.

Moda baru ini mulai digunakan 23 Juli 2018 bersamaan pelaksanaan Asian Games ke 18, untuk mengakomodir kebutuhan transportasi bagi atlet, official, media asing dan dalam negeri serta masyarakat dalam perhelatan olahraga internasional negara-negara Asia

"LRT Sumsel faktanya dapat mengakomodir kebutuhan trasnportasi selama Asian Games berlangsung dan apresiasi yang sangat baik diberikan oleh atlet, official, media asing dan dalam negeri serta masyarakat atas pelayanan LRT Sumsel selama pelaksanaan Asian Games 2018," ujar Aida di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Lebih lanjut Aida menjelaskan berbagai upaya terus dilakukan untuk mengajak masyarakat menggunakan LRT sebagai transportasi sehari-hari, dengan melakukan integrasi antar moda bus Damri dan Trans Musi mulai 22 Februari 2019 sehingga masyarakat lebih mudah untuk menggunakan transportasi publik dengan tarif yang terjangkau.

Kemudian pada 7 Juni 2019 operasional LRT Sumsel ditambah enam perjalanan, dari sebelumnya 52 perjalanan menjadi 58 perjalanan yang dioperasikan pada pukul 04.48 - 20.32 setiap hari dengan perjalanan terakhir dari stasiun Bandara pukul 19.30.

"Penambahan jam operasional LRT untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan pilihan waktu yang lebih lama kepada masyarakat dalam menggunakan LRT," katanya.

Saat ini rata-rata penumpang LRT per hari mencapai 10.000 penumpang dan pada akhir pekan bisa mencapai lebih dari 12.000 penumpang.

Sebagai operator LRT Sumsel, PT KAI mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dalam hal ini LRT, karena LRT merupakan salah satu alternatif transportasi masal yang murah, nyaman

"PTKAI berharap dukungan dari semua pihak dan masyarakat untuk ikut menjaga dan menjadikan LRT Sumsel yang merupakan karya anak bangsa sebagai tulang punggung dalam sistem transportasi publik masa depan," tutup Aida.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4934 seconds (0.1#10.140)