Salurkan Rp11,4 Miliar Program Kemitraan di Empat Wilayah di Indonesia

Rabu, 10 Juli 2019 - 11:15 WIB
Salurkan Rp11,4 Miliar Program Kemitraan di Empat Wilayah di Indonesia
Salurkan Rp11,4 Miliar Program Kemitraan di Empat Wilayah di Indonesia
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-51, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melaksanakan rangkaian program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) di empat wilayah di Indonesia, yaitu di Maluku Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat dan Jakarta.

Direktur Sumber Daya Manusia Antam, Luki Setiawan Suardi, mengatakan, tema HUT ke-51 ANTAM adalah Transforming for the Glorious Future. "Kami yakin Antam memiliki masa depan gemilang, dan kami senantiasa melakukan transformasi bisnis dan budaya demi meraih kejayaan," kata Luki dalam keterangan tertulis, Rabu (10/7/2019).

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT, program kemitraan (PK) adalah salah satu bentuk implementasi tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat terutama di wilayah operasi perusahaan.

Pada 15 Juni lalu, Antam melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara (UBP Nikel Malut) menyalurkan dana pinjaman Progam Kemitraan (PK) senilai total Rp4 Miliar kepada 133 mitra binaan. Program Kemitraan bertujuan untuk membantu pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

Tepat pada hari ulang tahun ANTAM, 5 Juli 2019, UBP Nikel Malut menggelar pasar murah bersama Polres Halmahera Timur, pengembangan budidaya Kopi Halmahera di kecamatan Maba Tengah dan Wasile dengan target 100.000 bibit. Diikuti dengan seminar Antinarkoba pada 10 Juli 2019, seminar dan pelatihan fotografi satwa Liar pada 13 Juli 2019 serta bakti sosial donor darah.
Salurkan Rp11,4 Miliar Program Kemitraan di Empat Wilayah di Indonesia

Semarak HUT Antam juga terasa sampai di Kalimantan Barat. Antam Unit Bisnis Pertambangan Bauksit di Tayan menyalurkan dana pinjaman PK senilai Rp1,59 miliar untuk 29 mitra binaan. Pada 5 Juli 2019, diadakan kegiatan donor darah pada 50 orang dan sunatan massal untuk 50 peserta dari wilayah di sekitar izin usaha pertambangan (IUP) Antam di Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Toba.

Dilaksanakan pula program elektrifikasi untuk 50 rumah warga di Desa Pedalaman, Tanjung Bunut, Balai Belungai, Lumut, dan Teraju. Di Sulawesi Tenggara, Antam melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara (UBP Nikel Sultra) juga menyiapkan dana pinjaman PK sebesar Rp2,5 miliar kepada 78 mitra binaan yang terdiri dari beberapa bidang usaha, antara lain perdagangan, peternakan, jasa, perkebunan, industri dan perikanan.

UBP Nikel Sultra juga mengadakan bedah rumah aladin (atap, lantai dan dinding) sebanyak 30 paket untuk warga di Kabupaten Kolaka. Antam juga menyalurkan paket perlengkapan pendidikan dengan target sebanyak 1.500 paket untuk sekolah dasar di Pomalaa dan Kumoro.

Selain itu ada juga bantuan beasiswa pendidikan kepada sebanyak 5 siswa/siswi dari kecamatan Pomalaa yang mana pada tahun 2019, program ini telah melahirkan 5 Sarjana pada angkatan pertama.

Masih dalam rangka memeriahkan Dirgayahu Antam tahun ini, Unit Bisnis Pertambangan Emas di Pongkor, Jawa Barat menyalurkan dana pinjaman PK senilai Rp2,06 Miliar kepada sebanyak 56 mitra binaan. Serta kegiatan bantuan Rehabilitasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) yang dilaksanakan di 12 Desa dengan total 24 unit.

Kantor pusat Antam di Jakarta juga telah menyiapkan dana pinjaman PK sebesar Rp1.253.000.000,- kepada sebanyak 37 mitra binaan di Jakarta dan sekitarnya. Sehingga total dana pinjaman Program Kemitraan yang disalurkan ANTAM senilai Rp11,4 Miliar yang tersebar di empat wilayah Indonesia.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9641 seconds (0.1#10.140)