Pacu UMKM Go Digital, Bank Indonesia Gandeng Shopee

Jum'at, 12 Juli 2019 - 19:54 WIB
Pacu UMKM Go Digital, Bank Indonesia Gandeng Shopee
Pacu UMKM Go Digital, Bank Indonesia Gandeng Shopee
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berupaya mendorong UMKM Indonesia merambah pasar internasional serta memanfaatkan platform digital atau marketplace. Menggandeng Shopee, BI memasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan pelatihan khususnya terkait pemasaran produk dengan e-commerce.

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Budi Hanoto mengatakan, kerjasama ini dalam rangka mengembangkan produk karya UMKM agar dapat merambah pasar lebih luas bahkan hingga pasar ekspor.

"BI mengembangkan pendekatan end to end (dari hulu ke hilir). Tidak hanya sisi produksi (hulu), di hilir kami selaku pembina UMKM ingin meningkatkan akses produk UMKM ke pasar sehingga pasarnya lebih luas," ujar Budi di sela pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang digelar Bank Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (12/7/2019).

Pada ajang KKI yang berlangsung 12-14 Juli tersebut, UMKM binaan berkesempatan memperoleh informasi seputar prosedur, program, fasilitas, dan kiat-kiat agar UMKM siap bertransformasi menjadi komoditas ekspor berbasis digital.

Budi meyakini, melalui kerjasama dengan marketplace seperti Shopee, UMKM bisa meraup pendapatan dan laba yang lebih baik. Hal ini juga seiring komitmen BI untuk mendorong UMKM melalui digitalisasi.

"Kita ingin menuju level ekspor dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM go digital," jelasnya.

Budi menambahkan, pembinaan dan pelatihan UMKM akan terus dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak termasuk Shopee. Hal ini dilakukan agar pemasaran produk UMKM bisa berkembang dengan pesat dan produknya semakin diminati di pasar dalam maupun luar negeri.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7308 seconds (0.1#10.140)