PLN Harus Bersih dan Independen

Senin, 05 Agustus 2019 - 23:28 WIB
PLN Harus Bersih dan Independen
PLN Harus Bersih dan Independen
A A A
JAKARTA - Pengamat energi Marwan Batubara memberikan beberapa strategi untuk penguatan mitigasi PLN agar kejadian blackout tidak terjadi lagi. Dia menyebutkan perencanaan pembangunan dari pemerintah dan PLN harus dijamin independen dan jangan terpengaruh intervensi politik atau bisnis.

"Kadang pembangunan pembangkit tidak di tempat yang dibutuhkan atau kapasitasnya berlebihan. Pemerintah dan PLN harus bersih dari intervensi," ujar Marwan di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Pemerintah menurutnya, harus menerapkan good governance yang optimal. Jangan lagi terpengaruh pencitraan politik. Dia mencontohkan sebelumnya di masa kampanye, tarif dilarang naik dan dampaknya subsidi kurang sehingga beban PLN membengkak.

"PLN menjadi kesulitan bangun pembangkit atau jaringan transisi atau gardu listrik sehingga jaminan pasokan listrik tidak optimal," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Presiden Jokowi dan pemerintah harus introspeksi diri sehingga tidak ada lagi titipan proyek dan kebijakan pembangunan yang keliru. Ada faktor penguasa yang menciptakan masalah.

"Berhentilah pencitraan karena Pemilu sudah selesai dan jangan hanya menyalahkan PLN," ujarnya.

Lebih teknis, Marwan mengatakan, mayoritas pembangkit atau sebesar 60% adalah batubara yang murah dibandingkan gas yang lebih mahal. Namun kendala pembangkit batubara lemah dalam recovery dibandingkan gas yang hanya butuh 15 menit.

"Seharusnya bauran energi jangan sekadar memikirkan harga yang murah tapi lambat recovery seperti kejadian kemarin. Sebaiknya penggunaan bahan gas juga ditingkatkan porsinya," terangnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7417 seconds (0.1#10.140)