Bukan Lagi Soal Byarpet, Ini Ancaman yang Terus Membayangi Indonesia

Minggu, 01 November 2020 - 15:49 WIB
loading...
Bukan Lagi Soal Byarpet, Ini Ancaman yang Terus Membayangi Indonesia
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siang tadi sekitar pukul 12.58 sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami pemadaman listrik . Penyebabnya, hujan deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah SUTET 500 KV mengalami gangguan.

Kejadian padamnya listrik PLN dalam kawasan yang sangat luas atau biasa disebut blackout telah beberapa kali terjadi. Pada Februari lalu misalnya, pemadaman total terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. ( Baca juga:PLN Lakukan Penormalan Listrik di Jakarta Secara Bertahap )

Saat itu, penyebab terjadinya gangguan ada pada sistem 500 kilovolt antara Kesugihan-Pedan. Akibatnya, wilayah Cilacap, Banyumas, Kebumen, Magelang dan sebagian Yogyakarta bagian barat mengalami padam total adalah.

Agustus tahun lalu, blackout juga menimpa sejumlah wilayah di Tanah Air. Waktu itu wilayah yang terkena mati listrik meliputi Jakarta, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

Penyebab mati listrik itu adalah gangguan pada salah satu SUTET antara Ungaran-Pemalang. Gangguan itu menimbulkan efek domino ke sejumlah wilayah lainnya. ( Baca juga:Dengan Kondisi Sekarang, Habib Rizieq Diimbau Jangan Pulang Dulu )

Ke depannya, gangguan pada SUTET kemungkinan masih akan terjadi lagi mengingat ikim dan cuaca di Indonesia dan potensi bencana alam, seperti hujan lebat disertai angin dan petir serta gempa bumi. Alhasil, blackout pun akan terus membayangi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2848 seconds (0.1#10.140)