Neraca Perdagangan Agustus 2019 Diprediksi Balik Cetak Surplus

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB
Neraca Perdagangan Agustus 2019 Diprediksi Balik Cetak Surplus
Neraca Perdagangan Agustus 2019 Diprediksi Balik Cetak Surplus
A A A
JAKARTA - Neraca perdagangan Indonesia pada bulan Agsutus 2019 diperkirakan bakal berbalik mengalami surplus setelah bulan Juli sempat mencetak defisit. Ekonom Bank Permata Joshua Pardede memprediksi, neraca perdagangan Agustus diperkirakan surplus USD177juta dengan laju ekspor diperkirakan sebesar -4.11%yoy, sementara laju impor sebesar -10.55%yoy.

"Surplus neraca perdagangan bulan lalu dipengaruhi oleh penurunan impor yang lebih besar dibandingkan penurunan ekspor. Penurunan impor migas didorong oleh penyusutan harga minyak mentah di pasar global sekitar 4% mtm," ujar Josua saat dihubungi SINDOnews di Jakarta.

Dia menambahkan, impor non migas cenderung turun dipengaruhi juga oleh perlambatan aktivitas manufaktur Indonesia, yang terindikasi dari indeks PMI manufaktur yang melambat. "Investasi non bangunan yang tumbuh moderat juga mempengaruhi perlambatan impor non migas," katanya.

Sementara dari sisi ekspor, kata dia volume ekspor non migas diperkirakan cenderung meningkat terindikasi dari peningkatan aktivitas manufaktur dari mitra dagang utama Indonesia seperti Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan dan ditandai juga oleh peningkatan PMI manufaktur global.

"Namun demikian, dilihat dari sisi harga cenderung mixed dimana harga CPO secara rata-rata naik sekitar 9% mtm, tapi harga batu bara cenderung turun sekitar 9%mtm sepanjang bulan lalu," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3560 seconds (0.1#10.140)