KEIN Sebut 4 Industri Potensial Hadapi Persaingan Global

Selasa, 08 Oktober 2019 - 05:37 WIB
KEIN Sebut 4 Industri Potensial Hadapi Persaingan Global
KEIN Sebut 4 Industri Potensial Hadapi Persaingan Global
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyiapkan langkah strategis perekonomian 2020 hingga 2024, yang disebut sebagai pembangunan jangka menengah melalui percepatan berbagai bidang. Penekanan utamanya adalah membangun struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan didukung sumber daya manusia berkualitas serta berdaya saing.

Untuk mendukung langkah strategis tersebut, Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) merekomendasikan 4 industri potensial yang perlu dikembangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dijelaskan Ketua KEIN Soetrisno Bachir, 4 sektor industri potensial yang perlu dikembangkan itu meliputi industri agro; industri maritim; industri kreatif dan digital; dan industri pariwisata.

"Dengan basis potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, Indonesia mesti memiliki industri yabg mampu bersaing di tingkat global,” tutur Soestrisno di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Mantan Ketua Umum PAN ini menambahkan, industri-industri non migas punya kontribusi yang cukup signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Indonesia memiliki tanah yang subur dan keanekaragaman hayati perlu upaya mendorong kegiatan agro berbasis off farm dengan beragam industri turunannya. Sementara di sektor maritim, Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia dengan kekayaan laut yang luar biasa," jelasnya.

Selanjutnya, untuk industri kreatif dan digital, Soetrisno mengatakan, Indonesia merupakan negara yang multikultur dan memiliki beragam keudayaan berupa kerajinan. Di samping itu, keunggulan sumber daya manusia milenial bersamaan dengan tumbuhnya industri digital.

"Jadi, kita perlu kembangkan industri budi daya ikan laut yang bisa menjaga keberlangsungan ekspor produk hasil laut,” kata Soetrisno.

Menurut dia, Indonesia juga berpotensi menjadi pemain global karena memiliki tempat-tempat yang indah dan sangat beragam serta berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan.

“Penguatan di 4 sektor industri prioritas tersebut sebagai kekuatan untuk bersaing di tingkat global, akan turut mendorong pertumbuhan berbagai sektor ekonomi lokal yang lain, seperti: industri makanan olahan, tekstil, perumahan, properti, dan keuangan,” tandas Soetrisno Bachir.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4600 seconds (0.1#10.140)