Tangani BUMN Rugi, Erick Akan Benahi Krakatau Steel dan Jiwasraya

Rabu, 30 Oktober 2019 - 17:00 WIB
Tangani BUMN Rugi, Erick Akan Benahi Krakatau Steel dan Jiwasraya
Tangani BUMN Rugi, Erick Akan Benahi Krakatau Steel dan Jiwasraya
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mulai bekerja menangani masalah BUMN yang mengalami kesulitan finansial. BUMN yang diprioritaskan penanganannya adalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang tengah mengalami krisis keuangan dan terancam bangkrut.

"Skala prioritas kita Krakatau Steel dan Jiwasraya dan lain-lain, ya satu-satu dulu. Kan saya kerja baru lima hari," ujar Erick di Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Dia menegaskan, dirinya tetap mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kinerja BUMN.

Jiwasraya diketahui tengah menghadapi masalah keuangan yang menyebabkan perusahaan asuransi pelat merah ini harus menunda pembayaran kewajiban polis jatuh tempo yang nilainya sekitar Rp800 miliar.

Untuk mengatasi masalah likuiditas tersebut, manajemen Jiwasraya telah melakukan serangkaian upaya, salah satunya adalah membentuk anak usaha baru, yakni PT Jiwasraya Putra menggandeng sejumlah BUMN lain. Kementerian BUMN menegaskan tetap berkomitmen mendukung upaya tersebut.

Sementara itu, Krakatau Steel tercatat mengalami rugi tujuh tahun berturut-turut. Selain itu, utang perusahaan pun membengkak. Nahkoda Krakatau Steel saat ini, Silmy Karim, tengah melakukan efisiensi, salah satunya melalui perampingan karyawan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9072 seconds (0.1#10.140)