Gapki - Instiper Kerjasama Riset Sawit Berkelanjutan

Kamis, 31 Oktober 2019 - 22:02 WIB
Gapki - Instiper Kerjasama Riset Sawit Berkelanjutan
Gapki - Instiper Kerjasama Riset Sawit Berkelanjutan
A A A
NUSA DUA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) dan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta menyepakati kerjasama untuk mengembangkan industri sawit menjadi unggul dan berkelanjutan. Penandatanganan dilakukan kedua belah pihak di sela acara Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) and 2020 Price Outlook di Nusa Dua Bali, Kamis (31/10/2019).

Rektor Instiper Dr. Ir Harsawardana, M. Eng., mengatakan bahwa institut pertanian yang telah berdiri sejak 61 tahun lalu tersebut telah mencetak 14.500 alumni yang sudah bekerja di seluruh perkebunan. Hal ini menjadi bukti yang sangat kuat bahwa Instiper mengenal kebutuhan perkebunan sawit.

“Kesempatan ini merupakan penghargaan besar bagi kami dipercaya Gapki untuk berkerja sama berkontribusi bagi industri sawit berkelanjutan terlebih lagi bagi Indonesia,” katanya.

Dia menambahkan, Instiper memang dibentuk untuk memenuhi tenaga kerja berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan industri perkebunan terutama industri sawit.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Gapki Joko Supriyono, mengapresiasi kerja sama Gapki dan Instiper. Menurutnya, untuk mencapai industri sawit berkelanjutan perlu adanya triple helix model yaitu kerja sama yang baik antara industri, pemerintah, dan universitas.

“Universitas merupakan wadah paling strategis untuk mengembangkan sawit berkelanjutan apalagi Instiper yang memang pusatnya SDM perkebunan,” tambahnya.

Kerjasama Gapki dengan perguruan tinggi bukan merupakan pertama kalinya, dimana sebelumnya Gapki menandatangani MoU dengan Institut Pertanian Bogor pada September 2019 lalu.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7059 seconds (0.1#10.140)