Mitra Tokopedia Berupaya Majukan Ekosistem Warung di Indonesia

Rabu, 06 November 2019 - 01:03 WIB
Mitra Tokopedia Berupaya...
Mitra Tokopedia Berupaya Majukan Ekosistem Warung di Indonesia
A A A
JAKARTA - Tokopedia melalui Mitra Tokopedia berupaya untuk terus memajukan ekosistem warung di Indonesia. Dengan pemanfaatan teknologi tersebut, jutaan pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenisnya telah melayani lebih dari 20 juta masyarakat di hampir seluruh kota/kabupaten di Tanah Air.

Dengan demikian, sebagai perusahaan teknologi yang terus bertransformasi menjadi super ecosystem, Tokopedia turut berperan dalam mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia hingga ke pelosok negeri. Aplikasi Mitra Tokopedia sendiri membantu menjembatani masyarakat Indonesia untuk menikmati pengalaman berbelanja online-to-offline (O2O).

Menurut AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra, dalam kurun waktu satu tahun, aplikasi Mitra Tokopedia telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem, yang mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, untuk mengembangkan bisnis. Hal itu bisa tercapai berkat dukungan dan kolaborasi yang berkelanjutan antara Tokopedia dengan berbagai mitra strategis.

"Di tahun pertama, Mitra Tokopedia mencatatkan pertumbuhan pada beberapa aspek, antara lain jumlah pengguna dan luas jangkauan. Tercatat hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat Indonesia telah dilayani mitra lewat aplikasi Mitra Tokopedia. Jumlah mitra aktif juga telah mencapai sekitar 350.000," terang Adi.

Dengan Mitra Tokopedia, pemilik warung maupun toko kelontong bisa berjualan berbagai macam produk digital, seperti pulsa, tagihan air, voucher game dan lain-lain, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir. "Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi 'warung super'," tegas Adi.

Untuk saat ini, fitur Grosir sudah bisa dipakai di 25 kota/kabupaten, mulai dari Banda Aceh hingga Manado, sedangkan fitur penjualan produk digital, seperti pulsa dan token listrik, bisa dimanfaatkan di 500 kota/kabupaten. Hal ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan wilayah paling luas di Indonesia.

Untuk memberikan nilai tambah kepada para Mitra Tokopedia, terdapat fitur Poin Hadiah dalam bentuk Poin Emas, yang dalam nominal tertentu bisa ditukarkan menjadi sejumlah emas. Mitra juga dapat mengumpulkan poin dari setiap transaksi di Mitra Tokopedia dan menukarkannya dengan kesempatan untuk berangkat umrah.

Di satu tahun pertamanya memajukan ekosistem warung di Indonesia, Mitra Tokopedia menginisiasi Gerakan Warung Nasional berkolaborasi dengan sederet pelaku ekosistem. Gerakan ini merupakan langkah awal untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menggerakkan warung sebagai salah satu usaha mikro agar dapat memberikan dampak yang lebih besar untuk perekonomian Indonesia.

Tahun ini, Gerakan Warung Nasional akan disertai sebuah perayaan pada 14-15 Desember 2019 di Jakarta sebagai momen apresiasi dan bertujuan menginspirasi masyarakat untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem warung Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)