Petrokimia Gresik Gencarkan Pemupukan Berimbang

Jum'at, 08 November 2019 - 11:55 WIB
Petrokimia Gresik Gencarkan Pemupukan Berimbang
Petrokimia Gresik Gencarkan Pemupukan Berimbang
A A A
JAKARTA - Petrokimia Gresik (PG), perusahaan solusi agro industri anggota induk usaha Pupuk Indonesia, menggelar tanam padi perdana di lahan percobaan atau demonstration plot (demplot) di Desa Bedeng V, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Direkur Pemasaran PG Digna Jatiningsih, mewakili Direktur Utama PG Rahmad Pribadi, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Petrokimia Gresik dalam menyambut musim tanam Oktober-Maret (Ok-mar) 2019-2020. Pada kesempatan ini Petrokimia Gresik kembali menggecarkan kampanye atau sosialisasi kepada petani terkait pemupukan berimbang.“Pemupukan berimbang yang direkomendasikan oleh Petrokimia Gresik adalah 5:3:2, yaitu 500kg pupuk organik Petroganik, 300 kg pupuk NPK Phonska Plus, dan 200 kg pupuk Urea untuk setiap satu hektare lahan padi. Serta pembenah tanah Kapur Pertanian 1-2 tonper hektare untuk meningkatkan pH tanah. Ini adalah formulasi pemupukan yang sudah teruji paling efisien dan hasilnya optimal,” ujar Digna dalam rilisnya di Jakarta kemarin.

Lebih lanjut Digna memaparkan bahwa pemupukan berimbang adalah hal yang sangat penting untuk disosialisasikan kepada petani saat musim tanam. Hal ini mengingat alokasi pupuk bersubsidi nasional bersifat terbatas dan ada kecenderungan petani berlebihan dalam pemupukan.

“Kami berharap melalui lahan percobaan ini petani akan melihat langsung hasilnya sehingga bisa diadopsi oleh petani lain,” katanya.

Selain penggunaan pupuk organik, Petrokimia Gresik juga mendorong pemanfaatan pupuk NPK untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman. (Heru Febrianto)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)