Terapkan Kesetaraan Gender, P&G Raih Award Bergengsi dari Menlu AS

Selasa, 12 November 2019 - 13:58 WIB
Terapkan Kesetaraan Gender, P&G Raih Award Bergengsi dari Menlu AS
Terapkan Kesetaraan Gender, P&G Raih Award Bergengsi dari Menlu AS
A A A
JAKARTA - Procter & Gamble (P&G) menerima Penghargaan bergengsi dari Biro Ekonomi dan Bisnis, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS), yaitu Penghargaan Korporasi Unggul versi Menteri Luar Negeri AS (Secretary of the State’s Award for Corporate Excellence) untuk tahun 2019. P&G keluar sebagai pemenang kategori Perusahaan Multinasional yang memberdayakan para perempuan dan ekonomi.

Penghargaan ini mengapresiasi kerja keras P&G Asia Pacific dalam memperjuangkan kesetaraan gender melalui penerapan program #WeSeeEqual. Tahun 2019 merupakan tahun penyelenggaraan Secretary of the State’s Award for Corporate Excellence yang ke-20. Perhelatan tahunan ini digelar untuk menghargai perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil menjunjung tinggi kesejahteraan para karyawannya, serta bertanggung jawab terhadap komunitas di sekeliling mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, P&G Asia & Pacific telah melakukan peran penting dalam kampanye kesetaraan gender di lingkungan bisnis perusahaan, dimana kepemimpinan perempuan di bidang bisnis pada kawasan ini belum mendapatkan dukungan yang merata.

P&G percaya bahwa peran perempuan dalam memimpin sektor ekonomi merupakan hal wajib untuk memastikan dinamika pertumbuhan yang berkelanjutan. Kehadiran perempuan dalam kepemimpinan bisnis memberikan variasi ide, solusi dan nilai tambah lain untuk perusahaan.

Peran P&G dalam mengatur komunitas dan bisnisnya

P&G berkomitmen kuat untuk menerapkan adanya kesetaraan gender dalam dunia kerja, untuk menepis mitos dan pandangan negatif terhadap peran perempuan dan laki-laki dalam setiap lini pekerjaan. P&G mendorong terciptanya kesetaraan gender melalui tiga hal yang dipercaya memiki dampak bagi internal perusahaan maupun publik luas.

Pertama, pesan-pesan kesetaraan gender yang disampaikan melalui iklan untuk semua brand kami. Kedua, program-program advokasi bekerjasama dengan organisasi internasional untuk mendukung pendidikan, pemberdayaan ekonomi perempuan serta. Ketiga, memastikan adanya kesetaraan gender bagi setiap pekerja yang ada di seluruh kantor operasional P&G.
Presiden P&G untuk Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika, Magesvaran Suranjan mengaku senang dengan penghargaan yang diraih dan bangga telah berhasil membuat aturan-aturan perusahaan melalui program #WeSeeEqual yang mengedepankan kesetaraan gender.

“Kami senang sekali mendapatkan Penghargaan ACE versi Menlu AS di penghujung tahun 2019 ini. P&G bangga telah berhasil membuat aturan-aturan perusahaan melalui program #WeSeeEqual yang mengedepankan kesetaraan gender, dan mencakup tanggung jawab yang bermakna untuk bisnis dan komunitas di sekeliling kami,” ujar Magesvaran Suranjan lewat keterangannya di Jakarta.

"Memenangkan Penghargaan ini merupakan bukti atas komitmen kami untuk mengupayakan adanya proporsi gender yang merata di setiap level di seluruh wilayah operasional kami. Setelah diterapkannya program #WeSeeEqual, kini setengah dari posisi manajerial di wilayah Asia Pasifik adalah perempuan," paparnya.

Di Indonesia, P&G telah menerapkan beragam inisiatif dan aturan yang sangat menguntungkan para SDM-nya, baik yang bekerja di pabrik maupun di kantor pusat. Saat ini, lebih dari 60% pegawai di P&G Indonesia adalah perempuan, dan mayoritas diantaranya sudah berkeluarga serta merupakan ibu rumah tangga. Pabrik P&G Indonesia yang terletak di Karawang, menyediakan tempat penitipan anak yang unggul serta ruang menyusui yang sangat kondusif bagi ibu-ibu pekerja.

P&G di Indonesia terus berinovasi dalam memberikan benefits yang mengusung kesetaraan gender bagi para pegawainya. Misalnya, hak cuti hamil bagi pekerja perempuan selama 6,5 bulan dan pekerja pria selama 1 bulan, kebijakan yang mengatur proporsi jumlah perempuan pada setiap tingkatan jabatan, kesempatan setara bagi pegawai dalam promosi jabatan, serta transparansi dan integritas untuk mendukung peran perempuan dalam kegiatan operasional perusahaan.

“Penghargaan ini akan memperkuat komitmen Perusahaan dalam menyokong pemberdayaan perempuan dan ekonomi, melalui nilai-nilai, strategi, inisiatif, SOP dan aturan yang ada dalam kegiatan operasional perusahaan," ujar Presiden Direktur P&G Indonesia LV Vaidyanathan.

"P&G percaya bahwa kesejahteraan perempuan pekerja sangatlah penting untuk mendorong ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mereka, keluarganya dan komunitas di sekelilingnya. Hal ini akan memberikan efek berlipat ganda: adanya pendorong yang tepat akan mampu menciptakan pertumbuhan yang kuat. force for good, force for growth," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)