SBN Indonesia Gelar Kompetisi Perusahaan Berinovasi Pangan

Selasa, 19 November 2019 - 19:38 WIB
SBN Indonesia Gelar Kompetisi Perusahaan Berinovasi Pangan
SBN Indonesia Gelar Kompetisi Perusahaan Berinovasi Pangan
A A A
JAKARTA - SBN Indonesia bersama dengan Innovation Factory, technology innovation hub di Indonesia, menyelenggarakan SUN Pitch Competition tahunan bertemakan "Inovasi Desain Makanan dengan Fokus Mengatasi Anemia dan Malnutrisi".

Pendaftaran untuk mengikuti kompetisi ini dibuka hingga Minggu (17/11) lalu yang dilanjutkan dengan penyelenggaraan pitch day pada 17 Desember 2019 mendatang di Jakarta.

"Kami percaya bahwa peran berbagai pihak termasuk pelaku bisnis, industri, usaha kecil menengah (UMKM), wirausahawan kreatif diperlukan untuk andil dalam mencari solusi bersama mengatasi malnutrisi melalui kemampuan dalam meningkatkan ketersediaan pangan yang aman, bergizi dan terjangkau," ungkap Co-Chair Global Advisory SUN Business Network (SBN) dan Koordinator SBN Indonesia Axton Salim dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/11/2019).

Axton yang juga Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk menambahkan, SBN Indonesia melanjutkan inisiatif yang diadakan oleh Indofood dalam melakukan Local Pitch Competition tahun lalu, mengajak UMKM lokal menjadi bagian dari solusi masalah malnutrisi. "Tahun ini SBN Indonesia menantang UMKM Indonesia menjadi bagian dari solusi masalah anemia dan kekurangan gizi melalui inovasi produknya," kata dia.

Melalui SUN Pitch Competition ini, pemenang utama dari Indonesia akan dibawa ke tingkat kompetisi global yang diadakan di Singapura bulan April 2020. Innovation Factory Jakarta menggelar roadshow untuk mensosialisasikan program ini kepada pengusaha di bidang pangan dan kuliner, founder startup dan UMKM pada 31 Oktober 2019.

Roadshow juga menghadirkan sesi diskusi panel yang memaparkan permasalahan gizi di Indonesia, khususnya anemia dan malnutrisi dengan menampilkan beberapa panelis yakni Yunawati Gandasasmita, Head of Corporate Regulatory Affair Nutrition & Beverage Kalbe mewakili SBN Indonesia, Anda Waluyo dan Dr. Ari Waluyo, Co-founder Sehati TeleCTG, Max Mandias, Co-founder Tinggal Masak, dengan moderator Amiyandra, Business Development Manager Innovation Factory.

SUN Pitch Competition bertujuan mencari inovasi-inovasi pangan yang dapat membantu mengurangi anemia dan malnutrisi yang banyak dialami oleh remaja putri dan ibu hamil di Indonesia. Beberapa perusahaan yang mendaftar mempunyai kriteria yakni:

1. Memproduksi atau mendistribusikan produk atau pelayanan makanan bernutrisi untuk pasar lokal di Indonesia sebagai bagian dari usahanya.

2. Model bisnis utamanya berfokus di food value chains seperti: buah-buahan, sayuran, protein berkualitas (telur, produk susu, unggas dan ikan), protein alternative (seperti serangga), makanan pokok, makanan olahan, biji-bijian, daging merah, sereal dan padi-padian.

The SUN Business Network menggerakkan sektor usaha untuk melakukan insiatif, berinvestasi, dan berinovasi dalam tindakan-tindakan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan di emerging market untuk meningkatkan konsumsi makanan yang aman dan bernutrisi untuk masyarakat.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5729 seconds (0.1#10.140)