Astra Financial Perkuat Penjualan Automotif Grup Astra

Sabtu, 23 November 2019 - 11:15 WIB
Astra Financial Perkuat Penjualan Automotif Grup Astra
Astra Financial Perkuat Penjualan Automotif Grup Astra
A A A
JAKARTA - Astra Financial memberi dukungan penuh lini bisnis automotif melalui pameran Astra Auto Fest 2019 yang digelar di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang, 22-24 November 2019. Kegiatan itu untuk mendongkrak penjualan mobil dan motor grup Astra di sisa tahun 2019.

“Astra Auto Fest 2019 ini merupakan sinergi lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra. Ini sebagai wujud apresiasi dan komutmen Astra untuk memberikan layanan dan produk terbaik untuk konsumen," ujar Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Pergelaran selama tiga hari itu dibuka Abong, panggilan akrab Suparno Djasmin, dalam seremoni meriah bersama jajaran Sales Operation Divisi Otomotif Astra dan jajaran manajemen jasa keuangan Astra (Astra Financial), Astra Digital, Astra World, dan media. Dia menjelaskan, pada kegiatan itu seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan akan memberikan saling sinergi atas beragam produk, promo, dan penawaran terbaik.

“Apalagi, saat ini lebih dari 50 persen penjualan otomotif nasional dikuasai brand di bawah naungan Astra. Saya yakin hingga akhir tahun ini kita bisa meraih pangsa pasar 53 persen,” tutur Abong.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2019, total penjualan ritel otomotif nasional mencapai 758.413 unit. Dari jumlah itu, Toyota menguasai pangsa pasar 31,6% karena meraih penjualan 239.417 unit. Lalu Daihatsu menguasai pangsa pasar 16,8% setelah meraih penjualan ritel 127.639 unit, kemudian brand di bawah Astra lainnya yakni Isuzu menguasai 2,3% dengan penjualan 17.697 unit.

Sisanya BMW, Peugeot, dan UD Trucks dengan pangsa pasar di bawah 1%. “Astra terus ada dan berkembang sejak 1957 hingga kini, tentunya karena dukungan konsumen yang percaya dan menggunakan merek-merek yang dinaungi Astra,” kata Abong.

Ia menambahkan, saat ini pembelian mobil dan sepeda motor lewat kredit 70%. Semuanya tentu harus diasuransikan, baik produk dan jiwa pemiliknya. “Tentu harus disiapkan pendanaannya. Makanya Astra Financial terlibat,” sambungnya.

Suparno Djasmin juga memaparkan, ada 19 kolaborator ikut memeriahkan pameran itu seperti pada lini otomotif yaitu Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra Peugeot, Astra UD Trucks, dan Astra Motor. Pengunjung juga bisa menukarkan mobil lamanya menjadi baru tanpa ribet dan terjamin karena di pameran itu sudah ada Mobil88, Toyota Trust, dan BMW Astra Used Car.

“Pengunjung juga bisa membeli mobil atau motor dengan pembiayaan dari ACC, TAF, dan FIF Group. Kemudian ada perlindungan dari Asuransi Astra dan Astra Life, serta layanan perbankan dari PermataBank,” ujar Abong.

Astra Auto Fest 2019 yang terbuka gratis untuk pengunjung itu dibuat sangat unik karena menampilkan beragam jenis kendaraan dan layanan. Juga ada hadiah sampai Rp 3,7 miliar, mulai dari free admin, uang muka 10%, dan gratis angsuran 1 tahun sampai Rp 50 juta. Ada juga gratis asuransi untuk semua tenor dan asuransi jiwa dengan manfaat sampai Rp 1 miliar.

Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIF Group) Margono Tanuwijaya mengatakan, pada pameran itu, pihaknya menargetkan pembiayaan 75% dari total transaksi selama di Astra Auto Fest 2020 yang sekitar 100 unit sepeda motor.

Saat ini, pembiayaan untuk sepeda motor Honda hingga Oktober 2019 sebesar 52,6% dari total penjualan secara kredit. Dari total penjualan sepeda motor Honda sepanjang Januari hingga Oktober 2019, sekitar 65% menggunakan skema kredit.

Sementara itu, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto menyambut baik dilaksanakannya Astra Auto Fest 2019. Sebab hal itu akan semakin mendorong penjualan Daihatsu hingga akhir tahun. “Oktober kemarin sebenarnya (penjualan) sudah membaik, naik tinggi dibanding September. Itu indikasi positif jadi akan kita dorong lebih baik lagi,” ujarnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5955 seconds (0.1#10.140)