Perintis Sekolah Tapal Batas Binaan PEP Tarakan Field Raih Penghargaan Kemendikbud 2019

Minggu, 08 Desember 2019 - 22:28 WIB
Perintis Sekolah Tapal Batas Binaan PEP Tarakan Field Raih Penghargaan Kemendikbud 2019
Perintis Sekolah Tapal Batas Binaan PEP Tarakan Field Raih Penghargaan Kemendikbud 2019
A A A
JAKARTA - Umi Suraidah, perintis program Sekolah Tapal Batas di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, perbatasan wilayah Indonesia dan Malaysia, meraih penghargaan "Insan Peduli PAUD & Dikmas" tahun 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud).

Penghargaan Insan Peduli PAUD dan Dikmas 2019 dilaksanakan melalui rangkaian proses seleksi, verifikasi dan validasi. Tercatat 10 orang kandidat calon Insan Peduli PAUD dan Dikmas 2019 yang diperoleh dari penulusuran media oleh tim Kemendikbud, selanjutnya dilakukan verifikasi lapangan untuk menentukan kandidat yang berhak menerima penghargaan. Dari 10 orang kandidat, hanya enam orang kandidat yang berhak menerima penghargaan Insan Peduli PAUD dan Dikmas 2019, salah satunya Umi Suraidah.

Umi Suraidah mendirikan sekolah Tapal Batas, tepatnya di Desa Sungai Limau. Sebagian besar siswanya merupakan anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di wilayah perkebunan kelapa sawit Malaysia. PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field, unit bisnis PT Pertamina EP, tergerak untuk membantu dari segi pengembangan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di sekitar sekolah.

Menurut Suraidah, penghargaan yang diperoleh ini merupakan tanggung jawab baginya untuk terus memberikan pendidikan bagi anak-anak di perbatasan khususnya anak TKI. Penghargaan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab bagi Suraidah untuk terus memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak TKI.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina EP Tarakan Field yang telah mendukung saya dan telah banyak membantu sehingga anak-anak dapat memperoleh pendidikan yang layak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (8/12/2019).

Field Manager PT Pertamina EP Tarakan Field Agung Wibowo mengatakan, pendampingan yang diberikan perusahaan terhadap Sekolah Tapal Batas merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap mitra binaannya. "Kami mengapresiasi setinggi-tingginya pencapaian Umi Suraidah, dedikasinya terhadap peningkatan pendidikan bagi anak-anak sangat besar. Kami akan terus mendukung sebagai wujud kepedulian kami terhadap Umi Suraidah selaku mitra binaan kami di Sekolah Tapal Batas," ujar Agung

Sebelumnya, di awal November lalu, tim verifikasi Insan Peduli PAUD dan Dikmas 2019 yang beranggotakan Burhanuddin Bella dari Harian Nasional, Tri Suci Cahyani dari Kemendikbud serta M Shalehuddin Al-Ayubi dari Pustekkom telah melakukan kegiatan verifikasi lapangan di PAUD Al-Ikhlas dan Bernjoko untuk mengetahui kegiatan Umi Suraidah. Selama proses verifikasi lapangan, PT Pertamina EP Tarakan Field turut berpartisipasi mendampingi Umi Suraidah.

Selain pencapaian dalam meraih penghargaan Insan Peduli PAUD dan Dikmas 2019, Suraidah juga memperoleh kesempatan untuk ibadah umroh yang diperoleh dari Kementerian Agama.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6063 seconds (0.1#10.140)