BRIsyariah dan LAZISMU Mudahkan Masyarakat Membayar Zakat Infak Sedekah dan Wakaf

Senin, 09 Desember 2019 - 11:10 WIB
BRIsyariah dan LAZISMU Mudahkan Masyarakat Membayar Zakat Infak Sedekah dan Wakaf
BRIsyariah dan LAZISMU Mudahkan Masyarakat Membayar Zakat Infak Sedekah dan Wakaf
A A A
JAKARTA - BRIsyariah bersama Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) menandatangani perjanjian kerja sama, Jumat (6/12/2019). Kerja sama ditandatangani di Rakernas LAZISMU yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, oleh Direktur Bisnis Komersial BRIsyariah Kokok Alun Akbar dan Ketua Badan Pengurus LAZISMU Hilman Latief.

Melalui penandatanganan perjanjian ini, BRIsyariah dan LAZISMU sepakat melakukan kerja sama dalam penerimaan dan pemberdayaan penyaluran dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Menurut Direktur Bisnis Komersil BRIsyariah Kokok Alun Akbar, zakat adalah harta (dalam hal ini berupa uang) yang wajib dikeluarkan oleh muzaki untuk diberikan kepada mustahik sesuai syariat Islam.

"Membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim, sesuai rukun Islam yang keempat. Dengan berzakat, umat Islam tidak hanya menunaikan kewajiban. Melalui zakat umat Islam turut membantu masyarakat kurang mampu, sehingga ikut aktif menjadi solusi pengentas kemiskinan. Kami ingin memudahkan nasabah untuk membayar zakat. Itulah alasan kami bekerjasama dengan LAZISMU,” kata Kokok Alun.

Selain mengatur mengenai penyaluran zakat kerjasama BRIsyariah dan LAZISMU juga terkait dengan penerimaan dan pendayagunaan infaq, sedekah, wakaf serta iuran anggota Muhammadiyah. BRIsyariah akan membantu LAZISMU dalam penghimpunan dana ZISWAF dan pendayagunaan dana ZISWAF dengan menggunakan produk perbankan syariah yang sesuai.

Nasabah dapat melakukan pembayaran ZISWAF melalui teller BRIsyariah, e-channel BRIsyariah, atau melalui platform keuangan elektronik yang sudah terkoneksi dengan BRIsyariah. Layanan tidak tertutup hanya bagi nasabah, melainkan terbuka untuk masyarakat umum.

Bagi nasabah BRIsyariah pembayaran ZISWAF semakin mudah melalui BRIS Online. Kokok Alun menjelaskan, BRIS Online adalah layanan mobile banking BRIsyariah. Selain transaksi keuangan pada umumya, BRIS Online menyediakan menu pembayaran ZISWAF dan qurban kepada lembaga penyalur zakat seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan LAZISMU. "Kami berharap kerjasama ini semakin memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya,” tambah Kokok Alun.

“Peran dana ZISWAF dalam memberdayakan masyarakat sangat besar. Kami siap mendukung LAZISMU menyalurkan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf untuk memberdayakan masyarakat kecil. Kami yakin dengan profesionalitas setiap pihak yang terlibat, berbagai program yang bermanfaat dapat mewujudkan mengentaskan kemiskinan,” tutup Kokok Alun.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3157 seconds (0.1#10.140)