Potensi Hujan Tinggi, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan

Kamis, 19 Desember 2019 - 11:41 WIB
Potensi Hujan Tinggi, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan
Potensi Hujan Tinggi, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan
A A A
JAKARTA - Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi puncak musim hujan periode 2019/2020 di 342 Zona Musim (ZOM) diprakirakan umumnya terjadi pada bulan Desember 2019 hingga Februari 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti mengatakan, tingginya potensi curah hujan pada Desember hingga Febuari 2020 akan berdampak pada kemungkinan adanya delay maupun pengalihan tempat pendaratan pesawat (divert) dari rute tujuan yang seharusnya.

"Kami mengimbau kepada semua pihak, baik regulator, pengelola bandara, dan operator untuk dapat bersinergi sekaligus mengantisipasi dan bekerja sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Polana di Jakarta, Kamis (18/12/2019).

Menurut dia, sebagai regulator, pemerintah terus bekerja optimal untuk mewujudkan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan dengan terus kerja sama dengan seluruh stakeholder penerbangan untuk mengantisipasi potensi cuaca buruk.

"Kami berharap agar semua pihak, mulai dari regulator, pengelola bandara dan operator penerbangan serta pengelola navigasi penerbangan untuk bekerja maksimal mengantisipasi cuaca buruk yang terjadi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Polana menambahkan, untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2019, pihaknya juga akan terus melakukan inspeksi terkait armada, personil, sarana dan prasarana serta prosedur. Operator bandar udara dan operator penerbangan beserta seluruh stakeholder agar siap memberikan pelayanan yang terbaik dengan tetap berpegang kepada penerbangan yang Selamat, Aman dan Nyaman (SELAMANYA).

"Tagline penerbangan yang SELAMANYA adalah tagline bersama. Pengawasan dan kerjasama dengan stakeholder penerbangan akan terus kami lanjutkan untuk mengantisipasi potensi cuaca buruk yang terjadi pada bulan Desember hingga Februari nanti,” ungkap Polana.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5029 seconds (0.1#10.140)