Pantau Arus Balik Nataru, Menhub Kunjungi Terminal Pekalongan

Selasa, 31 Desember 2019 - 16:49 WIB
Pantau Arus Balik Nataru, Menhub Kunjungi Terminal Pekalongan
Pantau Arus Balik Nataru, Menhub Kunjungi Terminal Pekalongan
A A A
PEKALONGAN - Di penghujung tahun 2019 ini, Kementerian Perhubungan terus memantau arus balik dan memastikan penyelenggaraan transportasi pada masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) berjalan lancar. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau penyelenggaraan angkutan Nataru di Terminal Pekalongan (31/12/2019).

“Secara fisik Terminal Pekalongan cukup baik, tapi kita akan lihat fungsi-fungsi ini secara maksimal," kata Menhub. "Memang ada kecenderungan jumlah penumpang turun 3%, tapi saya pikir ini seasonal aja, karena sekarang banyak orang pakai mobil pribadi," lanjutnya. Menurut Menhub, pihaknya tetap akan mengembangkan angkutan massal berbasis bus, jika angkutan massal dikembangkan dengan baik, tentunya akan mengurangi beban lalu lintas di jalan. "Kita akan kembangkan terminal-terminal yang bagus, bus-busnya juga bagus, sehingga orang akan kerasan menggunakan bus ini," ujar Menhub.

Pada kesempatan tersebut Menhub juga sempat berdialog dengan beberapa penumpang bus. "Kalau penumpang happy ya, ada yang mau ke Semarang, mau ke Kaliwungu, mereka senang," kata Menhub. Dengan dibangunnya jalan tol, bus-bus AKAP yang melintasi jalan tol Trans Jawa, relatif memiliki waktu tempuh yang lebih singkat daripada kendaraan yang mengakses jalan non tol.

Secara umum, arus mudik Nataru, jumlah perjalanan darat relatif meningkat, salah satunya mungkin dipengaruhi telah beroperasinya tol elevated Japek, jadi waktu tempuh lebih singkat. "Dari pengamatan kita di Jasa Marga, kendaraan yang ke arah timur lebih dari 500 ribu, dan yang kembali ke Jakarta mendekati 400 ribu. Jadi masih ada kurang lebih 140 ribu kendaraan lagi yang akan balik ke Jakarta," jelas Menhub. Puncak arus balik diperkiraan akan terjadi besok (Rabu, 1 Januari 2020), dan Minggu, 5 Januari 2020.

Terkait perayaan pergantian tahun nanti malam, Menhub menghimbau agar masyarakat khususnya para pengendara tetap waspada dan berhati-hati. "Baik mobil pribadi mau pun kendaraan umum, tetap waspada dan berhati-hati," kata Menhub. Pada perayaaan pergantian malam tahun baru, beberapa daerah memberlakukan car free night, dan menutup beberapa akses jalan bagi kendaraan bermotor. Masyarakat diharapkan mencermati informasi tersebut sehingga dapat merencanakan rute dan melakukan perjalanan dengan baik dan lancar.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi beserta jajaran, antara lain Sesditjen Perhubungan Darat, Cucu Mulyana; Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Risal Wasal; Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani; Kasubdit Dalops, Marwanto Heru Santoso; dan Kepala BPTD Wilayah X Jateng-DIY, Prasetyo Kentjono.
(atk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4968 seconds (0.1#10.140)