Kemenhub Kawal Keamanan dan Keselamatan Pesawat A330 Batik Air ke Wuhan

Sabtu, 01 Februari 2020 - 18:27 WIB
Kemenhub Kawal Keamanan dan Keselamatan Pesawat A330 Batik Air ke Wuhan
Kemenhub Kawal Keamanan dan Keselamatan Pesawat A330 Batik Air ke Wuhan
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengawal keamanan dan keselamatan pesawat A330 Batik Air yang sedang melakukan misi penyelamatan. Seperti diketahui Pesawat Airbus 330-300 akan digunakan Batik Air dalam mengevakuasi 245 WNI dan 5 orang tim pendahulu (AJU) dari Wuhan, China dalam misi kemanusiaan.

"Penerbangan akan kami kawal sesuai peraturan ICAO dan perundangan berkaitan dengan safety dan security," ujar Menhub Budi Karya lewat keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

(Baca Juga: Pakai Airbus 330-300, Batik Air Terapkan Prosedur Ketat Pulangkan WNI
Sambung Menhub juga menjelaskan, bahwa penentuan pesawat A330 dari Batik Air ini melalui telah diskusi panjang. Penerbangan ke Wuhan ini diterangkan olehnya merupakan misi kemanusian.

"PT. Lion Air ditunjuk pemerintah karena pemerintah China mensyaratkan bahwa pelaksana misi kemanusiaan haruslah operator yang memiliki izin penerbangan reguler dari dan ke Wuhan. Sementara maskapai Garuda Indonesia tidak punya izin penerbangan reguler dari dan ke Wuhan," papar Menhub.

"Yang memilki izin rute tersebut adalah Lion Air dan Sriwijaya, dan yang memiliki pesawat wide body adalah Lion air melalui pesawat batik air," imbuhnya.

(Baca Juga: Berapa Lama Pesawat Batik Air di Wuhan, Kemenhub Masih Koordinasi
Pesawat tersebut rencananya akan membawa 245 WNI kembali ke Indonesia bersama operator dan tim kesehatan Misi tersebut adalah misi Kemenlu dan Kemenkes, sementara Kemenhub ditugaskan untuk mensupportnya. Pesawat Batik Air jenis Airbus A330 ini telah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia menuju Wuhan, China pada Sabtu 1 Februari 2020 pukul 06.00 waktu setempat.

Pesawat diperkirakan rencananya tiba di Wuhan, China pukul 12.00 WIB. Rencananya, pesawat tersebut akan kembali dari Wuhan pada hari yang sama pukul 13.00 waktu setempat dan akan mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam pukul 19.00 waktu setempat.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4147 seconds (0.1#10.140)