Harga Minyak Rebound Setelah OPEC Berencana Mengurangi Produksi

Selasa, 04 Februari 2020 - 12:17 WIB
Harga Minyak Rebound Setelah OPEC Berencana Mengurangi Produksi
Harga Minyak Rebound Setelah OPEC Berencana Mengurangi Produksi
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia rebound alias berbalik naik pada perdagangan Selasa (4/2/2020), dimana investor kembali melakukan aksi beli setelah penurunan harga minyak secara tajam akibat kekhawatiran virus corona.

Melansir dari Reuters, harga minyak Brent International naik 21 sen atau 0,4% menjadi USD54,66 per barel pada pukul 02:27 GMT. Sementara itu, harga minyak acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) bertambah 32 sen atau 0,6% ke posisi USD50,43 per barel.

Kekhawatiran virus corona, membuat dua acuan harga minyak dunia itu telah turun 20% sepanjang bulan Januari lewat.

"Rebound harga minyak mentah menunjukkan peningkatan perdagangan di seluruh wilayah Asia Pasifik. Dan kekhawatiran terhadap wabah virus corona mulai berkurang. Pasar saham Asia juga sudah pulih dari kerugian kemarin," kata Margaret Yang, analis pasar di CMC Markets Singapura.

Dia mengatakan pemulihan juga dibantu oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang akan kembali mengurangi pasokan minyak ditengah kekhawatiran berkurangnya prospek permintaan energi global.

Tiga sumber dari OPEC mengatakan kepada Reuters, bahwa mereka dan sekutunya termasuk Rusia, sedang mempertimbangkan untuk mengurangi produksi minyak mereka sebanyak 500.000 barel per hari karena dampak penurunan permintaan minyak akibat kekhawatiran virus corona.

"Diperkirakan OPEC+ akan memotong sekitar setengah juta barel, tapi kami belum tau detailnya, bisa jadi pemotongan lebih banyak jika situasinya memburuk," kata Yang. Dan kabar dari OPEC+ turut mendorong perdagangan minyak di Selasa ini.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5377 seconds (0.1#10.140)