Layanan Prabayar Kini Semakin Mudah

Rabu, 05 Februari 2020 - 21:00 WIB
Layanan Prabayar Kini Semakin Mudah
Layanan Prabayar Kini Semakin Mudah
A A A
Sejak diluncurkan model listrik prabayar pertama kali oleh PLN pada 2008 silam, ketersebarannnya kini makin meluas. Sistem pembayaran menggunakan token yang mirip pulsa telepon ini diyakini makin mudah dan membuat pemakaian listrik lebih terkendali.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, pembelian token listrik prabayar pun semakin gampang. Kehadiran e-commerce dan dompet digital dari berbagai perusahaan penyedia sistem pembayaran, memudahkan pelanggan mengisi token listrik di mana saja dan kapan saja.

Hanya dengan satu-dua sentuhan jari, token listrik bisa terisi dengan segera. Pilihan model pembayaran pun cukup beragam, mulai dari virtual akun, transfer, atau via mini market. Cara pembelian pulsa listrik ini semudah kita melakukan pembelian barang melalui e-commerce biasa.
Layanan Prabayar Kini Semakin Mudah
Cara pembelian token listrik melalui e-commerce ini jelas sangat memudahkan para penggunanya. Jauh lebih gampang dibanding pada awal peluncurannya yang hanya bisa mengisi token ini Kantor Pos, ATM dan beberapa toko mitra PLN.

Selain melalui e-commerce atau platform e-wallet lainnya, PLN juga memiliki aplikasi khusus yakni PLN Mobile. Pada aplikasi ini, di samping melakukan pembayaran tagihan listrik atau pembelian token, aplikasi tersebut juga menyediakan berbagai fitur seperti permohonan pasang baru, permohonan perubahan daya hingga permohonan penerangan sementara.

Fitur lainnya tersedia juga layanan pengaduan, dan informasi-informasi terkait aksi korporasi perusahaan. Yang tak kalah penting, pada aplikasi ini terdapat fitur PLN 123 sehingga memungkinkan pelanggan berkomunikasi langsung dengan costumer services baik melalui telp maupun pesan instant.

Khusus untuk fitur pembayaran, PLN Mobile menyediakan model pembayaran berupa transfer antarbank, Mandiri dan Icon Cash. Yang terakhir ini masih terus dikembangkan dan ke depan akan dijadikan semacam payment gateway dari PLNMobile.

Pada aplikasi ini, pelanggan PLN juga bisa mengetahui pemakaian listrik dan besaran pembayaran dalam beberapa bulan terakhir. Data pemakaian listrik ini disajikan dalam bentuk tabel sehingga mudah dipahami. Adapun data yang ditampilkan terdiri atas periode pemakaian, besaran kilowatt hours (kWh listrik yang dikonsumsi, nilai pembayaran dan tanggal pembayarannya.

Tips Mengisi Token Listrik Prabayar
- Untuk membeli voucher token listrik, bisa dilakukan di ATM, minimarket atau di platform e-commerce.
- Pastikan nomor serial meter sesuai dengan identitas pelanggan agar token kWh bisa digunakan.
- Saat membeli token kWh, pelanggan mendapatkan 20 digit nomor untuk masukkan melalui keypad yang terdapat di meteran listrik prabayar.
- Meter prabayar akan mengecek dan jika nomor token valid, layar meter menunjukkan nilai kWh sesuai yang dibeli.
- Demi kenyamanan, selalu perhatikan pemakaian dan nilai kredit kWh di meter prabayar.
- Apabila sisa token listrik di bawah 20 kWh, maka lampu peringatan (LED) akan berubah menjadi merah dan muncul suara peringatan. Segera isi token listrik jika tanda bunyi sudah terdengar.
(atk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5022 seconds (0.1#10.140)