Cegah Virus Corona, Kemendag Review Beberapa Komoditas Dagang dari China

Jum'at, 07 Februari 2020 - 18:59 WIB
Cegah Virus Corona, Kemendag Review Beberapa Komoditas Dagang dari China
Cegah Virus Corona, Kemendag Review Beberapa Komoditas Dagang dari China
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) diterangkan masih akan melakukan review terhadap beberapa komoditas perdagangan dari China. Sebelumnya pemerintah melalui Kemendag telah melarang impor hewan hidup dari Negeri Tirai Bambu -julukan China- sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran wabah virus Corona.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, kebijakan ini diambil sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona ke Indonesia. "Memang ada beberapa komoditas perdagangan yang sedang kita review berkaitan dengan penyebaran virus Corona ini,” kata Jerry di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Lebih lanjut Ia menegaskan kebijakan menyetop sementara impor dari China tidak akan menggangu atau berdampak serius terhadap ketersediaan dan stabilitas harga. Kemendag juga akan memastikan kegiatan ekspor impor di bidang lainnya akan tetap berjalan secara optimal. “Kita berusaha agar ekspor impor kita terutama ekspor tetap bisa berjalan optimal meskipun tentu saja akan ada dampak yang kita rasakan,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Jerry, Kemendag tengah melakukan koordinasi dan pembahasan tentang kebijakan preventif ini dengan Kementerian dan Lembaga lainnya. Sebelumnya Kementerian lainnya seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengeluarkan kebijakan serupa guna mengantisipasi masuknya virus Korona ke Indonesia.

Kemenhub telah memutuskan untuk menunda penerbangan dari dan ke China sampai waktu yang belum ditentukan. Beberapa Kementerian memang mendapat perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi wabah Korona di Indonesia.

Jokowi juga meminta dampak wabah virus Korona dan perlambatan ekonomi di China terhadap ekspor Indonesia untuk benar-benar diantisipasi. Jokowi menilai saat ini juga ada momentum bagi industri subtitusi impor Indonesia meningkatkan produksi berbagai produk yang sebelumnya diimpor dari China.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4826 seconds (0.1#10.140)