Kementan Stabilisasi Harga Cabai dan Bawang di 22 Pasar Jakarta

Minggu, 09 Februari 2020 - 13:48 WIB
Kementan Stabilisasi Harga Cabai dan Bawang di 22 Pasar Jakarta
Kementan Stabilisasi Harga Cabai dan Bawang di 22 Pasar Jakarta
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar operasi pasar di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (9/2/2020). Operasi ini dilakukan untuk menjaga stabilisasi harga komoditas bawang putih dan cabai di pasar umum.

Dalam operasi pasar ini, Kementan bersama food stasion dan PD Pasar Jaya mendistribusikan 30 ton cabai dan bawang putih untuk 22 pasar di DKI Jakarta. 10 ton diantaranya dari Kementan dan 20 ton bawang putih lainya dari food stasion.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi, mengatakan bahwa operasi ini digelar di setiap adanya kenaikan harga di pasar-pasar tradisional. Kata Agung, kondisi ini harus direspon secara cepat dengan menyediakan pangan murah untuk menstabilkan posisi harga awal.

"Hari ini kita bersama-sama mengamankan pasokan dan harga untuk keperluan rumah tangga di DKI Jakarta. Setidaknya ada 20 ton bawang putih yang kita distribusikan ke pasar tradisional dengan harga Rp30.000 per kilogram," ujarnya.

Menurut Agung, harga cabai rawit di pasar-pasar DKI Jakarta belakangan ini mendekati Rp100.000. Namun kondisi tersebut mulai berangsur turun hingga berada di level Rp70.000 per kilogram. Kenaikan, kata Agung, rata-rata disebabkan oleh faktor cuaca buruk yang terjadi beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Agung menjamin semua barang yang dijual dalam Operasi Pasar ini memiliki kualitas yang cukup bagus karena didatangkan langsung dari para petani di Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Barat.

"Pesan pak Mentan (Syahrul Yasin Limpo) adalah operasi pasar ini jangan sampai berhenti sebelum harganya turun di angka Rp50.000 per kilogram," tegas Agung.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Basweda, yang hadir dalam operasi ini mendukung upaya Kementan dalam menstabilkan harga melalui operasi pasar. Ia mengatakan dengan adanya operasi ini, warga Jakarta diharapkan tidak resah dengan naiknya sejumlah harga pangan.

"Yang terpenting bukan soal harganya yang tinggi, tetapi bagaimana keluarga di Jakarta bisa merasakan ketenangan dengan harga pangan yang stabil dan ketersediaan yang cukup," kata Anies.

Sekedar diketahui, operasi pasar ini digelar di 22 pasar antara lain Pasar Pulo Gadung, Pasar Johar Baru, Pasar Tebet Barat, Pasar Koja Baru, Pasar Petojo Ilir, Pasar Gondangdia, Pasar Pondok Labu, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Kelapa Gading, Pasar Cijantung, Pasar Kramat Jati, Pasar Minggu, Pasar Kebayoran Lama.

Selanjutnya, ada juga di Pasar Tomang Barat, Pasar Palmerah, Pasar Glodok, Pasar Jatinegara, Pasar Klender SS, Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, Pasar Anyer Bahari, dan Pasar Metro Atom.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5469 seconds (0.1#10.140)