Empat Pelabuhan di China Alami Penurunan Pengiriman Barang ke Indonesia

Kamis, 13 Februari 2020 - 22:02 WIB
Empat Pelabuhan di China Alami Penurunan Pengiriman Barang ke Indonesia
Empat Pelabuhan di China Alami Penurunan Pengiriman Barang ke Indonesia
A A A
JAKARTA - Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Syarif Hidayat mengatakan bahwa pengiriman barang dari China ke Indonesia selalu melalui enam pelabuhan yakni Qingdao, Xingang, Dalian, Shanghai, Liangyungang, dan Zhangjiagang.

Menurut dia, saat ini sebagian besar pelabuhan mengalami penurunan pengiriman barang ke Indonesia. “Memang secara umum empat pelabuhan besar terjadi penurunan pengirimann barang ke Indonesia dibandingkan Februari tahun kemarin. Ada yang turun sampai 61%, 40%, dan 67%,” katanya di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Empat pelabuhan yang mengalami penurunan antara lain Qingdao, Xingang, Dalian, Shanghai. Misalnya saja Qingdao penurunannya mencapai 61,83%. Lalu Xingang penurunannya mencapai 38,11%. Untuk Dalian penurunannya mencapai 67,77%. Sementara Shanghai penurunanya 72,37%. “Meksipun 4 pelabuhan terjadi penurunan tapi belum bisa dikaitkan langsung dengan virus corona,” tuturnuya.

Lebih lanjut, Syarif menuturkan bahwa ada yang menarik bahwa dua pelabuhan lainnya mengalami peningkatan pengiriman barang yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Bahkan Pelabuhan Zhangjiagang yang dekat Wuhan malah tumbuh 13,43%. Sementara Pelabuhan Liangyungang kenaikannya sebesar 60,54%.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3828 seconds (0.1#10.140)