Ulang Tahun Ditjen Bea Cukai ke-74, Ini Pesan Sri Mulyani

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 23:35 WIB
loading...
Ulang Tahun Ditjen Bea Cukai ke-74, Ini Pesan Sri Mulyani
Ditjen Bea dan Cukai merayalan HUT ke-74 tahun ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta agar pegawai Direktorat Jendral (Ditjen) Bea Cukai agar semakin profesional dan terus melayani meski di tengah risiko pandemi. Harapan tersebut diungkapkan Menkeu seiring peryaaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ditjen Bea dan Cukai ke-74.

"Karena tugas Ditjen Bea dan Cukai salah satunya adalah melayani dan mendukung industri, maka harus berinteraksi dengan manusia dan pelaku usaha," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

(Baca Juga: APBN Merana Karena Corona, Sri Mulyani: Kita Jaga Agar Tetap Sehat)

Sebagai Bendahara Negara, tantangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam menangani Covid-19 adalah harus mampu menyediakan anggarannya. Namun, tantangan lainnya adalah bagaimana dapat disiplin menjalankan kegiatan di tengah normal baru sehingga dapat menjaga kegiatan sosial, kegiatan ekonomi, mendorong kegiatan produktif namun tetap aman Covid-19.

"Disiplin menggunakan masker, jaga jarak dilaksanakan, diingatkan, dijalankan," bebernya.

Menkeu melanjutkan, disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan ini wajib dilaksanakan agar Ditjen Bea dan Cukai dapat melaksanakan empat misi dengan baik sebagai pengumpul penerimaan (revenue collector), memberi pelayanan, pemberi pelayanan (treat facilitator), dan mendukung industri.

Meski dalam keadaan pandemi, Menkeu mengingatkan DJBC untuk tetap semangat mengabdi. "Pandemi tidak menjadi alasan kita tidak berbuat atau memperbaiki Republik Indonesia," tegasnya.

(Baca Juga: Sepanjang Tahun Ini Bea Cukai Ungkap 177 Kasus Penyelundupan)

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Ditjen Bea dan Cukai diminta Menkeu untuk kolaborasi dan sinergi dengan kementerian/lembaga (K/L), pemerintah daerah (pemda), dan swasta untuk mengembangkan industri tanpa mengorbankan integritas dan profesionalitas menjadi kunci dan dijaga sepenuh hati.

Pesan terakhir yang disampaikan Menkeu kepada seluruh jajaran Ditjen Bea dan Cukai yaitu berikan tindakan tegas (enforcement) kepada yang tidak sesuai aturan. "Tegas namun melayani, disiplin namun mendukung, integritas namun bisa bekerja sama, profesional namun tetap memberikan pelayanan yang terbaik," pesannya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)