alexametrics

Pos Indonesia dan Peruri Kerja Sama Cetak Prangko dan Benda Filateli

loading...
A+ A-
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) terkait pencetakan prangko dan benda filateli untuk tahun anggaran 2020. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Direktur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki dan Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Ihwan Sutardiyanta di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri di Jakarta, Kamis (27/2).

Menurut Ihwan Sutardiyanta, kerja sama kedua belah pihak telah lama dilakukan. Di mana, pencetakan Prangko dan Benda Filateli yang selama ini dilakukan oleh Peruri melalui pesanan dari Pos Indonesia termaktub dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Permen Kominfo RI) nomor 21 tahun 2012. Permen itu mengatur pencetakan Prangko dilaksanakan oleh Percetakan Sekuriti.

Menurut Ihwan, kerja sama pencetakan ini menunjukan eksistensi pos pada bisnis perangko. Untuk kerja sama ini saja, Pos Indonesia mencatat potensi penjualan hingga Rp45 miliar. Karena, secara angka penjualan perangko juga terus meningkat. Tahun lalu, pertumbuhannya mencapai 27%.



Kendati begitu, pihaknya berkomitmen bakal terus menggarap ceruk bisnis ini. Karena secara potensi, masih cukup besar. Namun, pihaknya harus membuat inovasi agar prangko dan filately bakat terus dipakai dan diminati mayarakat.

"Karena pengiriman surat kecil, makanya akan diarahkan untuk filately. Tapi kami juga dorong hal penting dan relevan untuk perangko. Misalnya ada perangko presma, itu bisa dipesan khusus untuk pembuatan undangan pernikahan, undangan atau ucapan ulang tahun instansi, kita atau ucapan lebaran," beber dia.

Diketuai, Peruri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI nomor 06 tahun 2019 memiliki tugas untuk mencetak dokumen negara yang membutuhkan fitur sekuriti guna memenuhi kebutuhan sesuai permintaan instansi yang berwenang.

Melalui perjanjian kerja sama ini, Peruri akan melanjutkan tugasnya untuk mencetak Prangko dan Benda Filateli. Direktur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki mengatakan, setiap tahunnya Peruri selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan pengamanan dari Prangko dan Benda Filateli.

Meliputi bentuk, bahan baku, desain, pencetakan serta perforasi dengan cara memasukkan unsur tertentu yang digunakan pada desain, bahan dan teknik cetak agar mempunyai ciri khusus untuk mempersulit usaha-usaha pemalsuan. "Setidaknya ada 13 seri Prangko dan Benda Filateli yang akan dicetak oleh Peruri tahun ini. Kami juga usulkan tambahan teknologi di perangko sehingga bisa dibaca secara digital. Ini untuk meningkatkan akses para pecinta filateli," beber dia.

Menurut dia, kerja sama ini telah dilakukan cukup lama dan akan terus kami tingkatkan untuk memenuhi kebutuhan mayarakat. "Melalui kerja sama ini, kami berusaha untuk meniingkatkan value dari perangko. Valuenya kita angkat dnegan tema beragam. Misalnya mengangkat tema musikal, alam, MRT, dan lainnya," imbuh dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top