Kemendag Belum Batasi Ekspor ke Negara Terjangkit Corona

Rabu, 04 Maret 2020 - 18:04 WIB
Kemendag Belum Batasi Ekspor ke Negara Terjangkit Corona
Kemendag Belum Batasi Ekspor ke Negara Terjangkit Corona
A A A
JAKARTA - Pemerintah tidak akan melakukan pembatasan terhadap ekspor ke beberapa negara yang terkena wabah virus corona (Covid-19). Seperti diketahui, virus ini sudah menyebar di wilayah negara Asia, Australia, Eropa hingga Amerika Serikat.

Adapun negara-negara yang terjangkit itu merupakan mitra bisnis dari Indonesia. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan pihaknya tidak menyetop kegiatan ekspor meski penyebaran virus corona yang semakin luas akan menekan neraca perdagangan.

Pasalnya, pemerintah ingin tetap menjaga posisi neraca perdagangan maupun defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) nasional.

"Kami optimistis tidak menyetop ekspor untuk menjaga neraca dagang. Itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," kata Wamendag di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan tidak melarang ekspor masker meski permintaan di dalam negeri tengah meroket menyusul dua warga negara Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus corona. "Pemerintah menegaskan tidak ada larangan ekspor masker," katanya.

Terkait dengan permintaan yang tinggi, Agus menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik belanja. Sebab, dia memastikan bahwa stok barang akan tercukupi. "Dalam hal belanja, belanjalah sesuai dengan kebutuhan, pemerintah juga memastikan pasokan barang terpenuhi," jelasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5514 seconds (0.1#10.140)