Cegah Penyebaran Corona, Angkasa Pura I Sterilisasi 15 Bandara

Jum'at, 06 Maret 2020 - 21:01 WIB
Cegah Penyebaran Corona, Angkasa Pura I Sterilisasi 15 Bandara
Cegah Penyebaran Corona, Angkasa Pura I Sterilisasi 15 Bandara
A A A
JAKARTA - Penyebaran virus corona di Indonesia mendorong PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mengambil langkah antisipatif ekstra pada bandara-bandara yang dikelolanya.

"Kami pastikan bahwa penanganan kasus corona ini dilakukan di seluruh bandara yang kami kelola, terutama di Bali (Bandara I Gusti Ngurah Rai)", ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam media luncheon di Gedung Sinergi 8 Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Ia mengatakan bahwa ada perlakuan yang berbeda terhadap wisatawan asing dan warga negara Indonesia (WNI) yang ingin masuk ke wilayah Indonesia.

"Dari Iran (3 kota), Korea Selatan (2 kota), Italia (5 kota), bagi traveller atau pengunjung yang berasal dari wilayah tersebut atau pernah mengunjungi daerah-daerah tersebut dalam 14 hari tidak diizinkan masuk ke Indonesia," tegas Faik.

Sementara itu, untuk WNI, boleh masuk asalkan didampingi oleh health certificate dari perusahaan maskapai yang mereka gunakan.

"Kalau dinyatakan sehat, mereka akan diberi boarding pass, dan saat tiba pun akan diperiksa secara khusus di bandara. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat berdasarkan hasil thermal scanner akan diberikan tindakan khusus," tambah Faik.

AP I pun mempersiapkan sterilisasi rutin di area bandara yang padat dikunjungi penumpang, seperti counter check in, pengambilan bagasi, hingga area trolley. Faik mengatakan bahwa AP I memberikan upaya proteksi yang maksimal.

"Kami rutin semprotkan disinfektan dan memasang hand sanitizer di beberapa titik. Para petugas bandara sudah kami vaksinasi, dites kesehatannya, dan dibekali dengan masker, pelindung mata, dan sarung tangan," tutur Faik.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4440 seconds (0.1#10.140)