Tips Kaya Raya Ala Ahmad Sahroni untuk Generasi Milenial

loading...
Tips Kaya Raya Ala Ahmad Sahroni untuk Generasi Milenial
Tips Kaya Raya Ala Ahmad Sahroni untuk Generasi Milenial
A+ A-
AHMAD Sahroni yang identik dengan sebutan Crazy Rich Tanjung Priok, telah memikat banyak orang dengan kisah suksesnya. Bagaimana seorang anak yang dulu sempat jadi tukang ojek payung dan tinggal di gerobak rumah makan Padang, kini bisa menjadi jutawan bersetelan jas, pemilik mobil-mobil mahal nan canggih seperti Tesla dan Ferarri.

Bukan cuma itu. Transformasi Ahmad Sahroni juga telah membawanya menjadi elit politik sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi NasDem. Cerita bagaimana Sahroni mencapai itu semua benar-benar dari nol, yakni sebagai tukang semir sepatu, bekerja jungkir balik pada seorang bos, hingga ia bisa menjadi bos dengan sendirinya mendirikan bisnisnya sendiri, memberikan harapan terutama pada lapisan masyarakat menengah ke bawah.

Menjadi viral dan sukses seperti sekarang, tak membuat Ahmad Sahroni pelit berbagi tips untuk kaya seperti saat ini. Pria yang masih sering makan di warung pinggiran tersebut punya beberapa rumus menjadi kaya yang tentunya tidak instan, tapi bila ditekuni maka hasilnya benar-benar bisa kita rasakan. Berikut tips Sahroni menggapai kesuksesan:

1. Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas
Sejak kecil, Ahmad Sahroni telah mencari rezekinya sendiri. Entah itu menjadi tukang ojek payung, tukang semir sepatu, apapun dilakukan agar bisa menghasilkan uang. Pemikiran Ahmad Sahroni saat itu adalah yakin dan berkemauan keras untuk mengangkat kondisinya agar bisa lebih baik dari hari tersebut.



Sahroni merasakan betul tidak enaknya jadi orang kecil, namun ia ikhlas saja menerima keadaannya dan tetap berkemauan besar untuk bekerja apapun itu pekerjaannya. Hal inilah yang membantu pria yang pernah bekerja untuk kapal Amerika Serikat itu bisa memutar keadaan dari yang tadinya miskin dan tidak dihormati, menjadi lebih baik seperti sekarang.

Ia juga belajar dari pengalaman dan masalah yang dihadapinya semasa merintis pekerjaan kecil hingga besar.Bagaimana melakukan sesuatu bukan hanya untuk cari uang atau senang-senang, tapi juga mempelajari peluang dan bisnis di situ. Hal inilah yang ia sebut sebagai kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

2. Jangan suka ambil milik orang lain
Menjadi kaya bukan tak ada hambatannya. Ahmad Sahroni pernah mengalami satu babak yang menguji hidupnya, yakni ketika dua kali ditipu oleh kawan sendiri. Tak tanggung-tanggung, penipuan pertama nilainya hingga ratusan juta. Penipuan yang kedua bahkan lebih banyak lagi, hingga mencapai satu miliar dan Sahroni harus menanggung kerugian besar. “Saya sabar, anggaplah rezeki saya mungkin memang segitu. Sabar, yang penting terus belajar," lanjutnya.Setelah belajar mengikhlaskannya, ternyata sang kawan harus merasakan dinginnya bui.



Dari sini, ia menemukan sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga. "Dari kesulitan tersebut ternyata ada maknanya. Saya sadar, jika bisnis ingin berhasil jangan suka ambil milik orang lain. Ambillah yang telah menjadi milik kita," ucapnya.

Sahroni memiliki prinsip bahwa jika ingin rezeki mengalir dengan baik, maka harus dengan usaha yang baik pula dan bisa dipercaya. Inilah yang mesti dipegang jika ingin jadi pengusaha sukses ke depannya, Tidak ada yang untung dan semakin kaya, ketika kita makan hak dari orang lain.

3. Jadikan orang tuamu raja maka rezekimu akan seperti raja
Menurut Sahroni, salah satu kunci sukses adalah bagaimana seseorang memperlakukan orang tua. Dalam satu kesempatan ia mengatakan bahwa ketika seseorang menjadikan orang tuanya raja, maka rezekinya akan seperti raja. Bisa seperti sekarang, menurut Sahroni adalah karena ia benar-benar melakukan petuah tersebut.

Di sebuah talkshow yang dipandu oleh Hotman Paris, ia secara spesifik mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesannya adalah menyayangi ibu yang melahirkan. “...yang keempat, sayangilah seorang ibu yang melahirkan kita,” ucap Sahroni. Di berbagai kesempatan memang terlihat bagaimana sosok Sahroni yang begitu mengayomi ibunya, termasuk salah satunya dengan membangunkan rumah mewah.

4. Membeli barang untuk investasi
Benda-benda otomotif adalah salah satu yang paling disorot dari Sahroni selain cerita hidupnya. Di rumahnya berjejer mobil-mobil mewah yang harganya fantastis. Beberapa bahkan dikategorikan limited edition.

Menurut penyuka Iron Man ini, selain untuk dinikmati sebagai hobi, mobil-mobil mewahnya juga merupakan investasi. Pada suatu interview Sahroni mengatakan jika salah satu mobil Ferrari-nya sekarang berharga sekitar Rp13 miliar padahal ia membelinya Rp11 miliar.

Selain deretan mobil, Sahroni juga berinvestasi pada jam-jam mahal. Salah satunya bermerek Richard Mille yang lazim dikenal sebagai jam berharga miliaran.

5. Tahan banting dan kuatkan mental ketika jatuh
Bisa mencapai titik yang sekarang bukan berarti Sahroni tanpa kegagalan. Anggota DPR RI yang terpilih dua kali ini ternyata mengalami fase tersebut. Namun ia mengatakan bahwa bisa kembali pada performanya karena ia tahan banting dan menguatkan mental.

“Bisnis saya pernah gagal sebelum saya mencapai titik ini. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk membangun bisnis lagi. Saat gagal saya enggak dipercaya teman, di-bully, disepelein, pokoknya segala macam saya rasakan. Kuatkan mental, kalau mental enggak kuat, lebih baik bisnis yang skala kecil saja dulu,” ungkap penyuka mobil klasik ini.

6. Banyak relasi dan network bisnis
Para pakar bisnis selalu menyarankan agar seseorang meluaskan relasi dan network agar usahanya lebih berkembang. Hal ini pula yang dilakukan oleh Sahroni. Ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang penting, apalagi jika bidang bisnisnya sama.

“Jadi saya punya teman yang bisnisnya di instrumen yang sama. Sehingga dia pun terbawa dan tergabung. Saya punya teman dan dia berada di bisnis itu, saya ikuti, saya pelajari jadilah ikut gabung. Seperti beli apartemen di salah satu tempat yang peluangnya menjadi luar biasa dan itu saya lakukan,” ujar Sahroni.

Tentang network ia juga mengatakan bahwa bisnis tidak melulu bermodal uang tapi juga koneksi. “Bisnis itu membutuhkan modal tidak hanya uang tapi juga network. Kecil-kecilan jualnya. Misal jual satu kita tambah satu adi dan menghasilkan dua seperti itu misalnya,” ungkap
Wakil Ketua Komisi III ini. Tak hanya soal bisnis, komunitas juga sarana networking yang penting menurut Sahroni.

7. Bermimpi selalu
Sahroni sering kali mengatakan bahwa dirinya adalah seorang pemimpi besar. Dulu ketika masih belum seperti sekarang, pria yang bernaung di Partai Nasdem ini selalu memimpikan hal-hal yang ia dapatkan sekarang.

Setelah semua hal bisa ia dapatkan, Sahroni pun tak lantas berhenti bermimpi. Dalam sebuah kesempatan ia bahkan mengatakan bermimpi menjadi presiden.

Dalam sebuah sesi tanya jawab melalui Instastory, seorang follower bertanya soal filosofi hidup apa yang membuat seorang Sahroni bisa sukses sampai sekarang. Dengan singkat pria ini menjawab “Bermimpi selalu”. Jika ditanya kenapa harus bermimpi besar, Sahroni sering menjawab karena mimpi itu tidak bayar.

Seperti itu tips dari seorang Sahroni untuk bisa menjadi kaya dan sukses. Semoga menginspirasi pembaca sekalian.
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top