Wamendag RI Tumbuhkan Optimisme Anggota ASEAN Hadapi Kondisi Global

Selasa, 10 Maret 2020 - 21:25 WIB
Wamendag RI Tumbuhkan Optimisme Anggota ASEAN Hadapi Kondisi Global
Wamendag RI Tumbuhkan Optimisme Anggota ASEAN Hadapi Kondisi Global
A A A
DA NANG - Kondisi perdagangan global yang sedang tidak stabil, membuat negara-negara ASEAN perlu menumbuhkan optimisme dan memastikan seluruh prioritas ASEAN tahun 2020 bisa terlaksana. Secara prinsip, seluruh negara ASEAN mendukung seluruh prioritas ekonomi di bawah Keketuaan Vietnam di tahun 2020 ini. Adapun tema prioritas ASEAN tahun ini adalah “Cohesive and Responsive” yang terdiri dari 13 prioritas.

“Sangat penting bagi ASEAN untuk fokus dan memastikan seluruh prioritas dapat diimplementasikan. Apalagi di tengah ketidakpastian ekonomi global serta merebaknya wabah virus yang bisa berdampak pada sektor perdagangan ini, kita harus tetap optimis,” kata Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga yang mewakili Menteri Perdagangan RI dalam Asean Economic Ministers (AEM) Working Dinner di Da Nang, Vietnam.

Prioritas tersebut terbagi dalam tiga bagian yakni mempromosikan integrasi dan konektivitas ekonomi intra-ASEAN, memperkuat keterlibatan ASEAN dengan komunitas global dalam upaya perdamaian dan pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan daya respon serta kapasitas institusi ASEAN.

“Para Menteri Ekonomi ASEAN mendukung penuh sejumlah prioritas ASEAN Economic Community Blueprint 2025. Semua anggota, termasuk Indonesia, juga mendukung seluruh prioritas tahunan badan sektoral di bawah koordinasi AEM untuk dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Wamendag Jerry.

Menurutnya, Indonesia juga mendorong upaya untuk memperkuat kerja sama perdagangan intra-ASEAN melalui berbagai persetujuan kerja sama dagang. “Ini sejalan dengan tema Keketuaan Vietnam di ASEAN yakni Cohesive and Responsive,” kata Jerry melanjutkan.

Working Dinner ini merupakan awal dari rangkaian AEM Retreat di Vietnam. Beberapa isu lain yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain terkait rencana Automotive Product-Mutual Recognition Agreement, ASEAN Wide Self-Certification, dan rencana aksesi Timor Leste ke ASEAN.

Selain itu, dibahas pula hubungan ASEAN dengan India melalui rencana review persetujuan ASEAN-India Trade in Goods dan hubungan ASEAN dengan Korea terkait peningkatan akses pasar guna meningkatkan kinerja perdagangan antar pihak.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5988 seconds (0.1#10.140)