alexametrics

260 Ribu Ton Gula Impor Akan Banjiri Pasar Akhir Maret

loading...
260 Ribu Ton Gula Impor Akan Banjiri Pasar Akhir Maret
260 Ribu Ton Gula Impor Akan Banjiri Pasar Akhir Maret
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) siap menggelontorkan impor gula kristal mentah yang akan masuk pada akhir Maret 2020. Hal ini sudah sesuai aturan dari Surat Perizinan Impor (SPI) yang telah dikeluarkan oleh Kemendag sebesar 438.8 ribu ton.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, gula kristal mentah tersebut akan diolah oleh industri menjadi gula kristal putih guna memenuhi kebutuhan konsumsi. "Akhir bulan ini masuk lagi 260 ribu ton," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di Jakarta, Rabu (11/3/2020).



Dia pun merinci saat ini terdapat pasokan gula hingga 160 ribu ton. Adapun importir dan distributor didorong untuk mempercepat distribusi gula ke pasar. Selain itu, pemerintah akan menggelar operasi pasar untuk mengatasi lonjakan harga gula pasir belakangan ini.

Sebagai informasi harga gula kristal putih (GKP) atau gula pasir konsumsi semakin melonjak. Bahkan sudah menembus angka Rp17 ribu perkilo dari sebelumnya Rp12 ribu perkilo. Di tingkat pedagang pengecer, harga gula pasir yang normalnya berada dikisaran Rp13,5 ribu perkilogram kini naik menjadi Rp17 ribu perkilogram.

"Karena harga gula pasir meningkat lantaran ada kendala pada distribusi. Proses pengolahan membutuhkan waktu selama sepekan. Makanya kami minta dipercepat," jelasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top