Menko Luhut: Indonesia Tidak Perlu Berpikir Lockdown

Senin, 16 Maret 2020 - 22:31 WIB
Menko Luhut: Indonesia Tidak Perlu Berpikir Lockdown
Menko Luhut: Indonesia Tidak Perlu Berpikir Lockdown
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai, Indonesia tidak perlu menerapkan lockdown sebagai upaya menghentikan penyebaran wabah virus corona alias Covid-19. Hal ini mengingat kasus corona di Indonesia masih jauh lebih kecil dibandingkan negara lain.

Sementara itu sebelumnya, sejumlah negara seperti Italia, Filipina dan Arab Saudi, telah menerapkan kebijakan lockdown. Tindakan itu diambil otoritas masing-masing negara guna mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Mengenai lockdown, saya kira tidak perlu berpikir ke situ. Setiap negara kan punya masalah sendiri-sendiri, kita belum ada pikiran untuk kesana," ujar Menko Luhut di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

(Baca Juga: Jokowi Tegaskan Pemda Tak Boleh Putuskan Kebijakan Lockdown)

Dia melanjutkan, pemerintah telah melakukan koordinasi yang cukup erat, sehingga penanganan virus corona ini dinilainya terkendali. "Saya lihat kesadaran dari teman-teman di BUMN, di Kementerian Perhubungan dan di Maritim, maupun di semua jajaran, itu saya kira juga sudah sangat baik," imbuh Luhut.

Sambung Luhut menegaskan, masyarakat Indonesia tidak perlu panik dalam menghadapi wabah corona. Lantaran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah sangat sigap dalam mengambil langkah penanganan.

"Proses pengambilan keputusan pada Presiden Joko Widodo dilakukan secara cermat. Presiden mendengar semua pandangan-pandangan dan beliau memutuskan dengan tegas dan cermat juga," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8119 seconds (0.1#10.140)