Kementerian BUMN Minta RNI Produksi 2 Juta Masker untuk Publik

Rabu, 18 Maret 2020 - 20:01 WIB
Kementerian BUMN Minta RNI Produksi 2 Juta Masker untuk Publik
Kementerian BUMN Minta RNI Produksi 2 Juta Masker untuk Publik
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana memproduksi masker untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan rencana, masker-masker ini akan diproduksi sebanyak 2 juta helai melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga mengatakan bahwa produksi 2 juta helai masker itu akan dilaksanakan pada bulan Maret ini.

"Masker sebanyak 2 juta helai itu semuanya oleh RNI tapi kerja sama dengan pabrikan lokal, jadi RNI order supaya cepat," ujar Arya kepada para wartawan media lewat teleconference, di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Menurut Arya, saat ini RNI telah mendapat pasokan bahan baku masker dari India. Tapi, lanjutnya, RNI masih melobi Jepang untuk bisa mengirimkan bahan baku ke perseroan.

"Ini untuk masker kami kemarin coba cari bahan baku dari Jepang. Ini juga jumlahnya bahannya juga terbatas, apalagi Perancis di lockdown. Akibatnya enggak bisa kami impor juga ini," jelas dia.

Arya menambahkan, terdapat usulan juga adanya pembuatan masker dari kain. Tapi, usulan tersebut masih dikaji dan belum dipastikan diproduksi.

"Ada usulan kemarin bikin masker pakai kain. Kalau tekstil kan kita banyak. Yang penting nyuci, kalau ada lima kan cukup pakai cuci lagi, dicari kain yang pakai filter. Tapi itu masih usulan, kami belum tahu," pungkas Arya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7901 seconds (0.1#10.140)