Harga Gula di Pasar Tradisional dan Ritel Dipastikan Sudah Turun ke Rp12.500/Kg

Senin, 23 Maret 2020 - 09:10 WIB
Harga Gula di Pasar Tradisional dan Ritel Dipastikan Sudah Turun ke Rp12.500/Kg
Harga Gula di Pasar Tradisional dan Ritel Dipastikan Sudah Turun ke Rp12.500/Kg
A A A
JAKARTA - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI) memastikan harga gula saat ini telah turun. Ketua GAPPMI Adhi Lukman mengatakan, saat ini gula di pasaran baik tradisional dan ritel modern berada di Rp12.500 per kg.

"Coba dilihat hari ini sudah turun harganya mencapai Rp12.500, ini karena pemerintah sudah operasi pasar. Makanya operasi pasar sangat perlu dilakukan," ujar Adhi Lukman saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Dia mengungkapkan, harga gula yang mengalami kenaikan beberapa waktu lalu dikarenakan ada kekurangan stok gula. Namun pemerintah sudah mengeluarkan izin impor yang membuat pasokan stok gula terjaga.

"Masa giling yang baru akan dilaksanakan Mei bisa mundur karena kena Lebaran, tapi karena pemerintah udah izinkan impor makanya stok gula sudah aman," jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal menggelontorkan 33.000 ton gula yang akan dipasok ke Jakarta, dalam waktu dekat ini. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Suhanto mengatakan pihaknya telah melakukan kerjasama kepada dua produsen gula untuk memasok di Jakarta dan sekitarnya.

"Akan dipasok 33.000 ton untuk wilayah DKI dan sekitarnya. Dan mulai sekarang ini kami menunjukkan pada masyarakat komitmen yang sudah dibuat bersama," terang Suhanto.

Sambung Suhanto menyebut kedua produsen itu adalah Gulaku dan Sungai Budi, dimana kedua produsen tersebut berasal dari Provinsi Lampung. "Khususnya gula pasir ini cukup dirasakan naik begitu tinggi. Sehingga masyarakat membeli di atas HET (Harga Eceran Tertinggi)," ungkapnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4415 seconds (0.1#10.140)