KKP Gelar Program Siaga Nelayan untuk Penanggulangan Covid-19

Jum'at, 27 Maret 2020 - 03:44 WIB
KKP Gelar Program Siaga Nelayan untuk Penanggulangan Covid-19
KKP Gelar Program Siaga Nelayan untuk Penanggulangan Covid-19
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar program siaga nelayan yang merupakan upaya dalam menjalankan Protokol Penanggulangan Covid-19.

Kegiatan ini mulai dijalankan pada Kamis (26/3), diawali di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta dan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Serang, Banten.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar menjelaskan fokus kegiatan program siaga nelayan dilakukan di pelabuhan perikanan, Tempat Pemasaran Ikan (TPI) dan sentra nelayan.

"Program siaga nelayan ini berupa bakti sosial, bakti usaha dan bakti sehat perikanan untuk nelayan. Hari ini kita mulai di dua pelabuhan perikanan unit pelaksana teknis (UPT) pusat Jakarta dan Karangantu, Banten, dengan bakti sosial dan bakti sehat," kata Zulficar di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Zulficar menambahkan, bakti sosial yang dilakukan berupa pembuatan fasilitas cuci tangan sederhana untuk nelayan dan awak kapal perikanan di pelabuhan perikanan. Sementara bakti sehat diwujudkan dengan pemeriksaan kesehatan nelayan dan awak kapal perikanan, penyemprotan disinfektan, dan sterilisasi kapal perikanan, unit pengolahan ikan, TPI, serta pabrik.

Selain itu, ada juga pembagian hand sanitizer, masker, distribusi vitamin dan penyediaan bilik atau tenda desinfektan (disinfectant chambers) di pelabuhan perikanan UPT pusat.

"Pemeriksaan kesehatan ini kita targetkan kepada 50 ribu nelayan dan awak kapal perikanan di pelabuhan perikanan seluruh Indonesia. Sementara untuk kapal perikanan sebanyak 10.000 unit dapat dilakukan sterilisasi," jelas Zulficar.

Dia berpesan agar aktivitas perikanan tangkap saat ini dapat memperhatikan dan melaksanakan seluruh Protokol Penanggulangan Covid-19. Sehingga mendorong nelayan dan pelaku usaha untuk menjalankan seluruh prosedur agar terhindar dari paparan virus corona.

"Tidak hanya pelakunya yang harus terjaga kebersihan dan kesehatannya. Saya juga meminta agar seluruh produk perikanan yang didaratkan di pelabuhan perikanan dapat diperiksa dan ditangani dengan baik untuk menjaga higienitas dan mutu ikan sebagai sumber pangan," imbuhnya.

DJPT KKP juga bekerja sama dengan berbagai pihak, melibatkan relawan dan kemitraan untuk membantu para nelayan. Kegiatan ini dilakukan pada 31 pelabuhan perikanan pusat dan perintis serta UPT daerah di 34 provinsi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7061 seconds (0.1#10.140)