Sektor Jasa Keuangan Dipastikan Stabil meski Perekonomian Tertekan

Jum'at, 27 Maret 2020 - 09:29 WIB
Sektor Jasa Keuangan Dipastikan Stabil meski Perekonomian Tertekan
Sektor Jasa Keuangan Dipastikan Stabil meski Perekonomian Tertekan
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan sampai Maret 2020 masih dalam kondisi terjaga dengan intermediasi sektor jasa keuangan masih membukukan kinerja positif. Ditambah profil risiko industri jasa keuangan tetap terkendali, meski perekonomian tertekan akibat merebaknya virus Corona di banyak negara.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik Anto Prabowo mengatakan, kondisi perekonomian global diperkirakan akan terkontraksi cukup dalam pada semester 1-2020 dan mulai kembali pulih pada semester 2-2020 seiring dengan wabah virus Corona yang terus meningkat, khususnya di luar Tiongkok.

"Namun demikian, pulihnya perekonomian global akan sangat bergantung pada berakhirnya wabah virus Corona di tataran global," ujar Anto di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Menurutnya perekonomian AS dan Eropa diprediksi akan terkontraksi pada Q2-2020 mengingat penyebaran virus Corona di AS dan Eropa baru akan mencapai puncaknya pada April dan Mei. Sedangkan perekonomian China diprediksi telah membaik pada Q2-2020 sejalan dengan mulai melambatnya penyebaran virus Corona di Tiongkok.

"Besarnya sentimen negatif terkait penyebaran virus Corona baik secara global maupun perkembangan di Indonesia mempengaruhi kinerja sektor jasa keuangan domestik, khususnya di pasar keuangan, baik pasar saham maupun SBN," jelasnya

Sambung dia menambahkan, kebijakan ini diharapkan bisa membantu upaya Pemerintah dalam memberikan ruang pelonggaran kepada sektor usaha termasuk usaha mikro dan kecil agar diringankan pembayaran kredit atau pembiayaannya serta dimudahkan untuk kembali mendapatkan kredit atau pembiayaan dari perbankan dan perusahaan pembiayaan.

"OJK telah dan akan mengeluarkan berbagai kebijakan di sektor perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)