Sidak Perizinan, KKP Optimis Ekspor Hasil Laut Bisa Digenjot

Rabu, 01 April 2020 - 14:56 WIB
Sidak Perizinan, KKP Optimis Ekspor Hasil Laut Bisa Digenjot
Sidak Perizinan, KKP Optimis Ekspor Hasil Laut Bisa Digenjot
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) dikawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Edhy menyampaikan, supaya jajarannya untuk tetap semangat dan memberikan pelayanan maksimal meski di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, ia meminta agar mekanisme perizinan secara daring (online) lebih dimaksimalkan.

"Saya minta kepada jajaran saya untuk memangkas prosedur yang panjang serta mengubah proses perizinan terkait ekspor menjadi online sehingga lebih murah dan cepat," kata Menteri Edhy di kantor BKIPM, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Edhy menambahkan, bahwa pihaknya optimis ke depan makin banyak hasil perikanan yang diekspor di tengah situasi wabah Covid-19 saat ini. Dalam situasi seperti ini, BKIPM tetap bertugas di pintu-pintu ekspor seperti Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Panjang Lampung, serta Pelabuhan Belawan Medan.

"Pesan saya untuk Anda semua, tetap jaga kesehatan agar kita dapat berjuang untuk menjalankan roda perekonomian kita melalui ekspor hasil perikanan," tutur Edhy.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melepas 3.200 ton ekspor hasil perikanan ke 13. Nilai ekspor yang dilepas dari Jakarta ini mencapai Rp194,6 Miliar. Menggunakan KM OOCL Guangzhou, hasil perikanan tersebut berasal dari 36 perusahaan Indonesia yang dikemas dalam 115 unit kontainer.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7221 seconds (0.1#10.140)