alexametrics

AP II Pastikan 19 Bandaranya Tetap Beroperasi Normal

loading...
A+ A-
JAKARTA - Angkasa Pura II (Persero) beroperasi dan bersiaga penuh untuk melawan serta mengatasi penyebaran Covid-19. Saat ini perseroan mengelola 19 bandara yang terletak di Jawa, Sumatera dan Kalimantan, di mana bandara-bandara itu tetap beroperasi dengan jam operasional normal.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, bandara-bandara di bawah kelolaan perseroan siaga penuh melayani berbagai penerbangan termasuk pengangkutan cargo bantuan alat alat medik dan kesehatan, penanganan kesehatan (medical evacuation) dan pengangkutan sampel infection substance Covid-19.

"Seluruh personel PT Angkasa Pura II di 19 bandara siap mendukung upaya pencegahan Covid-19. Selain penerbangan sipil, bandara-bandara PT Angkasa Pura II siaga penuh mengantisipasi adanya medivac evacuation dan penerbangan yang mengangkut sampel infection substance Covid-19. Bandara PT Angkasa Pura II juga merupakan pintu bagi penerbangan yang mengangkut logistik bagi suatu wilayah," ujar Awaluddin di Jakarta, Sabtu (4/4/2020)



Dia melanjutkan saat ini 19 bandara beroperasi penuh dengan melakukan penyesuaian pola operasional agar tetap optimal dalam menjaga aspek kesehatan penumpang pesawat, pengunjung bandara dan pekerja di bandara. "Kami juga tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, pelayanan serta mematuhi setiap peraturan," tegasnya.

Muhammad Awaluddin mengatakan, setiap personel yang bertugas di bandara dibekali dengan prosedur-prosedur pencegahan penyebaran Covid-19. Adapun seluruh bandara PT Angkasa Pura II telah mengimplementasikan protokol penanganan Covid-19 di area dan transportasi publik sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah

"Memastikan seluruh area umum dan transportasi umum bersih. Selain menjalankan proses pembersihan sehari-hari, PT Angkasa Pura II juga rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area terminal, area publik seperti stasiun kereta bandara hingga transportasi publik seperti Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta," jelasnya

Penumpang pesawat yang tiba di bandara-bandara PT Angkasa Pura II pun diperiksa melalui proses pendeteksian suhu tubuh dengan thermal scanner dan thermal gun. Bandara-bandara PT Angkasa Pura II juga menyiapkan ruang isolasi apabila terdapat seseorang yang terindikasi terpapar Covid-19

Bandara-bandara PT Angkasa Pura II juga menyediakan banyak titik-titik hand sanitizer serta membuat wastafel portabel di area publik. Langkah lainnya, perseroan terus informasi tentang Covid-19 secara reguler, informasi perjalanan, peraturan terbaru, serta jadwal penerbangan terkait Covid-19 yang dapat diakses melalui www.angkasapura2.co.id, aplikasi INAirports, akun instagram, facebook, youtube, twitter masing-masing bandara, serta contact center Airport 138.

"Masing-masing bandara juga melakukan penyesuaian pola operasional guna menyederhanakan alur pergerakan penumpang di terminal guna memastikan penerapan physical distancing dan menjaga aspek kesehatan penumpang pesawat, pengunjung bandara, serta pekerja di bandara," tambahnya.

Sejumlah protokol kesehatan lainnya secara konsisten juga dijalankan oleh Angkasa Pura II hingga hari ini dan seterusnya. "Dengan menjalankan protokol tersebut kami berharap bandara-bandara PT Angkasa Pura II dapat turut memutus mata rantai penyebaran sekaligus mendukung upaya dalam mengatasi Covid-19," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top