Kawinkan Penelitian Universitas dan Toyota, Menperin Akan Buat Ventilator

Selasa, 07 April 2020 - 02:12 WIB
Kawinkan Penelitian Universitas dan Toyota, Menperin Akan Buat Ventilator
Kawinkan Penelitian Universitas dan Toyota, Menperin Akan Buat Ventilator
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong produksi ventilator sebagai alat kesehatan dalam penanganan penderita virus corona (Covid-19). Ventilator sendiri merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menggandeng Universitas Gajah Mada misalnya yang menggandeng PT Yogya Presisi Thnikatama Industri dalam melakukan reverse engineering dan merumuskan cetak biru untuk produksi ventilator.

"Mereka nanti pada gilirannya akan kami kawinkan dengan Toyota Motor. Hal ini kita lakukam upaya merancang ventilator dalam negeri sudah mulai dilakukan oleh beberapa pihak termasuk dari perguruan tinggi," ujar Menperin Agus di Jakarta, Senin (6/4/2020)

Tak hanya UGM, Agus menambahkan Institut Teknologi Bandung juga berupaya merancang ventilator. Bedanya, mereka tidak menggunakan metode reverse engineering melainkan merekayasa langsung dengan didampingi Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan. Riset juga dilakukan oleh Universitas Indonesia.

"Dari berbagi riset itu bisa segera direalisasikan, sehingga Indonesia bisa segera memproduksi ventilator guna memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Harapannya dalam waktu dekat direalisasi," jelasnya.

Dia pun menambahkan, beberapa industri otomotif di negara-negara tersebut mulai memproduksi ventilator secara masif bekerjasama dengan lembaga dan perusahaan kesehatan.

"Situasi di AS dan Indonesia berbeda, industri otomotif di AS bisa melakukan produksi masif ventilator karena bekerjasama dengan industri alat kesehatan," ungkapnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3646 seconds (0.1#10.140)