Industri Peralatan Medis Lokal Telah Produksi 4,7 Miliar Masker Bedah

Kamis, 25 Juni 2020 - 19:52 WIB
loading...
Industri Peralatan Medis Lokal Telah Produksi 4,7 Miliar Masker Bedah
Industri peralatan medis dalam negeri memproduksi masker. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memuji semangat pelaku industri lokal dalam menghadapi tantangan dan gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Semangat ini, kata Agus Gumiwang terlihat dari sektor industri dalam negeri yang berupaya mewujudkan kemandirian dalam menanggulangi penyakit, seperti industri peralatan medis dan barang habis pakai (medical devices and consumables).

Menurut Agus, berkat pelaku industri medis, kapasitas produksi peralatan medis di Indonesia sudah mencapai 3 juta buah masker N95 dan 4,7 miliar buah masker bedah per tahun. Produksinya mampu memenuhi konsumsi domestik sebesar 172,2 juta per tahun.

Industri nasional juga telah mampu memproduksi massal hingga 648 juta buah produk hazmat untuk memenuhi konsumsi domestik tahunan yang diperkirakan mencapai 11,3 juta buah.

"Artinya, industri nasional tidak hanya mampu memenuhi konsumsi lokal, tetapi juga dapat memenuhi permintaan pasar dunia. Ini melengkapi kemampuan kita yang sudah dapat memenuhi permintaan domestik masker kain dan surgical gown," katanya di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Bahkan, beberapa produk hazmat produksi dalam negeri telah lulus uji skala internasional American Association of Textile Chemists and Colorists (AATCC) Standards; AATCC 42 (uji dampak air) dan AATCC 127 (uji tekanan hidrostatik), serta standar internasional untuk perlindungan menyeluruh terhadap bahaya biologis dan cairan (ISO 16604 level 2).

"Hingga saat ini, enam dari 16 produsen dalam negeri telah disertifikasi dan bersiap untuk mengekspor dan memenuhi permintaan global," ungkap Agus.

Sementara, untuk industri ventilator, saat ini perusahaan lokal sedang menyiapkan produksi massal untuk alat bantu pernapasan tipe darurat pada pertengahan Juli 2020. Sementara itu, produksi untuk ventilator tipe ICU akan dilakukan pada akhir Juli 2020.

"Kami sangat bangga atas capaian itu, karena menunjukkan bahwa dalam pembuatan ventilator, industri dalam negeri dapat memproduksi secara lokal semua komponen mekanik dengan kandungan lokal hingga 80%," paparnya.

Pada industri farmasi, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 220 perusahaan, dimana 90% dari mereka berfokus pada industri hilir seperti produksi obat-obatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2869 seconds (0.1#10.140)