alexametrics

Industri Mampu Produksi 17 Juta APD, Tapi Bahan Baku Mulai Berkurang

loading...
A+ A-
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pasokan bahan baku untuk pembuatan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan terus berkurang bagi tenaga medis. Lantaran itu, Ia akan impor bahan baku dari Korea Selatan dan China untuk APD dan alat kesehatan. Pasalnya, dua negara ini memiliki bahan baku yang baik.

"Ketersediaan bahan baku juga terbatas, maka kita lakukan langkah-langkah koordinasi dengan industri-industri, Sekarang kita fokus di dua negara, yaitu di Korea dan China karena memang bahan baku yang paling bagus dari dua negara itu," ujar Bahlil di Jakarta.

Dia melanjutkan, negara-negara lain juga berebut untuk mendapat bahan baku di dua negara tersebut. Salah satunya Eropa dan Amerika Serikat yang juga ikut berebut mendapatkan bahan baku APD.



"Jadi Eropa, Amerika sekarang berebut di dua negara itu. Nah doakan saja Insya Allah kita punya koordinasi baik, BNPB juga sangat baik sekali kita koordinasinya untuk bisa kita siapkan bahan bakunya," terangnya.

Sambung Bahlil menambahkan saat ini produksi industri untuk APD mencapai 17 juta APD. Namun, pasokan bahan baku terus menurun sehingga industri bakal sulit melakukan produksi.

"Bahan baku juga APD, tingkat kemampuan pabrik kita benar 17 juta, tapi bahan baku kita sekarang sudah mulai berkurang. Jadi kita jangan terfokus pembuatan APD lokal," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top